15 September 2020, 03:00 WIB

Kemendikbud Luncurkan Logo Kampus Merdeka Indonesia Jaya


(Bay/H-2) | Humaniora

KEBIJAKAN Kampus Merdeka perlu diimplementasikan secara baik dan kuat di lingkungan pergu-ruan tinggi. Guna mengukuhkan semangat tersebut, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Ditjen Dikti) Kemendikbud meluncurkan logo Kampus Merdeka Indonesia Jaya secara virtual, kemarin.“

Logo Kampus Merdeka Indonesia Jaya tidak hanya sekadar logo, tetapi semangatnya yang harus kita bawa, memerdekakan diri kita untuk meruntuhkan tembok antarinstitusi, dunia kerja, dan dunia nyata, shingga perguruan tinggi dapat menjadi mata air bagi industri, pembangunan masyarakat, pemba-ngunan sosial, dan pembangunan Indonesia secara luas,” kata Dirjen Pendidikan Tinggi Kemendikbud Nizam.

Kebijakan Kampus Merdeka telah diluncurkan pada Januari 2020, yang melingkupi kemudahan sistem akreditasi perguruan tinggi, kemudahan pem-bukaan program studi baru, kemudahan menjadi perguruan tinggi badan hukum (PTN-BH), dan pem-berian hak belajar tiga semester bagi mahasiswa.

Kampus Merdeka diadopsi dari konsep Merdeka Belajar yang digagas 100 tahun lalu oleh tokoh pendidikan Indonesia, Ki Hajar Dewantara. (Bay/H-2)

BERITA TERKAIT