14 September 2020, 15:18 WIB

Ketua Satgas Minta Anies tak Pakai GOR untuk Tempat Isolasi


Andhika Prasetyo | Humaniora

KETUA Satgas Penanganan Covid-19 Doni Monardo meminta Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan tidak menggunakan gelanggang olahraga (GOR) sebagai tempat isolasi bagi pasien covid-19.

Ia mengatakan, saat ini, banyak tempat tidur di Rumah Sakit Wisma Atlet yang masih kosong. Dari total 3.000 tempat tidur untuk pasien bergejala ringan dan sedang, yang terisi hingga Minggu (14/9) malam, 1.600 tempat tidur.

Adapun, untuk flat khusus isolasi mandiri bagi penderita tanpa gejala baru terisi 85 tempat tidur. Padahal, fasilitas tersebut mampu menampung hingga 1.600 orang.

Sebagai antisipasi, pemerintah juga sudah bekerja sama dengan sektor perhotelan dalam upaya penyediaan ruang isolasi bagi pasien covid-19 tanpa gejala dan gejala ringan.

"Maka itu, kami sampaikan pesan kepada Gubernur DKI, jangan lagi gunakan tempat-tempat seperti GOR, balai-balai yang mungkin kualitasnya tidak memadai. Sehingga kenyamanan masyarakat yang mendapat perawatan bisa lebih maksimal," ujar Doni usai mengikuti rapat terbatas, Senin (14/9).

Baca juga: Pemprov DKI Siapkan GOR untuk Isolasi Mandiri

Ia juga meminta masyarakat tidak khawatir terkait kapasitas ruang ICU di rumah sakit rujukan covid-19.

Ia mengakui sebanyak 20 dari 67 rumah sakit rujukan saat ini sudah terisi penuh. Namun, masih ada 47 rumah sakit rujukan lain yang masih memiliki cukup ruang ICU.

"Ada 47 rumah sakit masih cukup longgar. Jadi kekhawatiran nanti 17 September, rumah sakit penuh semua, mudah-mudahan bisa kita atasi dengan baik," tukasnya.(OL-5)

BERITA TERKAIT