10 September 2020, 06:16 WIB

Wapres Sebut Jakob Oetama Tokoh Pers Teladan


Indriyani Astuti | Humaniora

WAKIL Presiden (Wapres) KH Ma'ruf Amin mengucapkan turut berduka cita atas wafatnya Jakob Oetama, Pendiri Kompas Gramedia Grup.

Melalui rekaman video, Wapres mengungkapkan bahwa mendiang Jakob Oetama adalah tokoh pers teladan yang telah membawa junalisme Indonesia menjadi lebih baik.

"Beliau merupakan teladan dalam dunia jurnalisme Indonesia. Sebagai seorang jurnalis dan pendiri perusahaan media ternama, beliau telah menunjukkan ketekunan dan kerja keras dalam membawa jurnalisme Indonesia menjadi semakin baik," ungkapnya di Kediaman Resmi Wapres, Rabu (9/9) malam.

Baca juga: Berpulangnya Guru Pers Indonesia

Pada kesempatan itu, selain mengucapkan turut berbelasungkawa, Wapres juga mengajak seluruh jajaran Kompas Gramedia Group agar dapat meneladani ketekunan, kerja keras, serta komitmen almarhum dalam menjunjung tinggi nilai dan etika jurnalistik.

"Kepada seluruh jajaran Kompas Gramedia Group, kiranya ketekunan dan kerja keras beliau dapat diteladani dengan terus menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dan etika jurnalistik dalam setiap pemberitaan," pesannya.

Di akhir ucapan, Wapres mendoakan Jakob Oetama dan keluarga yang ditinggalkan.

"Semoga arwah beliau beristirahat dengan damai dan keluarga yang ditinggalkan diberi ketabahan serta kesabaran," pungkasnya.

Jakob Oetama, salah satu tokoh pers nasional sekaligus pendiri Kompas Gramedia Group, wafat di usia 88 tahun di Rumah Sakit Mitra Keluarga, Kelapa Gading, Jakarta Utara, pada Rabu (9/9) pukul 13.05 WIB. (OL-1)

BERITA TERKAIT