26 August 2020, 19:40 WIB

Obat Covid-19 Buatan Anak Bangsa Tunggu Review BPOM


Ardi T Hardi | Humaniora

KEPALA Staf Angkatan Darat ( KSAD) Jendral TNI Andika Perkasa menyatakan, uji klinis obat Covid-19 sudah diselesaikan oleh tim yang bekerja sama. Pihaknya saat ini masih menunggu hasil pemeriksaan (review) dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

"BPOM akan mereview (uji klinis yang telah dilakukan). Jika ada kekurangan dalam hal uji klinis, kita pun akan siap memperbaiki," kata Andika usai bertemu dengan Wakil Gubernur DIY, KGPAA Paku Alam X dan Wakapolri, Komjen Gatot Eddy Pramono di Kompleks Kepatihan, Rabu (26/8).

Obat Covid-19 yang dibuat tersebut merupakan hasil penelitian yang dilakukan Universitas Airlangga dan diinisiasi Badan Intelejen Negara yang bekerja sama dengan TNI Angkatan Darat.

Andika menyampaikan, pihaknya telah memberikan dokumen hasil uji klinis dan corective and preventive action (CAPA) pada 19 Agustus 2020. Pihaknya juga telah mengirim ulang dokumen CAPA pada Senin (24/8).

BPOM selanjutnya mereview dan melihat kembali dokumen yang diberikan oleh tim. Saat ini, pihaknya masih menunggu review dari BPOM.

Andika menyatakan, semangatnya dan tim saat memberikan dokumen ke BPOM adalah ingin memberikan yang terbaik. "Kami ingin melakukan yang terbaik dan secepat-cepatnya," ujar Andika. (OL-13)

 

BERITA TERKAIT