21 August 2020, 16:05 WIB

FDA Setujui Tes Covid-19 Air Liur, Indonesia Tunggu Aba-Aba WHO


Atalya Puspa | Humaniora

BADAN Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat (FDA) telah menyetujui penggunaan darurat tes air liur untuk deteksi covid-19. Tes ini dinyatakan lebih murah dan cepat daripada dua tes lainnya, yakni antibodi rapid test dan swab test (tes usap).

Saat ditanya apakah Indonesia akan menggunakan tes air liur itu, Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Wiku Bakti Bawono Adisasmito menyatakan, lampu hijau dari FDA saja belum cukup. Indonesia masih akan menunggu arahan dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

"Masih terlalu dini. Harus direview dulu dan melihat bagaimana WHO menilainya," kata Wiku kepada Media Indonesia, Jumat (21/8).

Apabila WHO sudah mengeluarkan rekomendasi, Indonesia akan mempertimbangkan untuk menerapkan tes air liur tersebut. "Akan mempertimbangkan bila ada rekomendasi WHO," sambungnya.

Saat ini sendiri, Indonesia akan berupaya terus meningkatkan cakupan test PCR agar lebih cepat menemukan kasus covid-19. Selain itu, rapid test juga akan terus dilakukan dengan tujuan skrining atau penapisan agar memperkecil potensi penularan. (H-2)

 

BERITA TERKAIT