18 August 2020, 21:06 WIB

Acara Terkait HUT ke-75 RI Harus Ikuti Protokol Kesehatan


Andhika Prasetyo | Humaniora

JURU Bicara Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito mengingatkan kepada seluruh masyarakat di Tanah Air untuk selalu menerapkan protokol kesehatan ketat dalam acara-acara peringatan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan ke-75 Republik Indonesia.

Satgas mencatat, beberapa agenda perayaan di berbagai daerah dilaksanakan tanpa mengikuti protokol kesehatan. Masyarakat terlihat tidak menjaga jarak dan sebagian dari mereka tidak mengenakan masker.

Yang pertama adalah kegiatan sepeda santai di Padang, Sumatera Barat, pada Minggu (16/8). Agenda tersebut diikuti lebih dari 3.000 peserta dan banyak dari mereka yang tidak menggunakan masker.

Kedua, pertunjukan musik di Wisata Alam Jumprit Temanggung, Jawa Tengah, pada Sabtu (15/8), yang juga dihadiri ribuan orang.

Kemudian, aksi masyarakat yang melakukan deklarasi di Tugu Proklamasi, Jakarta, pada Selasa (18/8).

Baca juga : Kemenristek Pastikan Semua Obat Covid-19 masih Tahap Uji Klinis

"Merayakan, menyampaikan kegembiraan itu boleh, tapi kita tidak boleh lengah. Semoga hal ini tidak terulang di masa depan," ujar Wiku di Kantor Presiden, Jakarta, Selasa (18/8).

Ia meminta masyarakat dapat lebih bijaksana dalam melakukan berbagai kegiatan atau perayaan di luar rumah.

Jangan sampai, upaya keras dalam menekan angka penularan covid-19 selama ini rusak karena ketidakdisiplinan melaksanakan protokol kesehatan.

"Apabila kejadian ini terus terulang, klaster yang dipertanyakan banyak pihak akan muncul. Ini harus kita cegah agar kondisi aman bisa terwujud," tuturnya. (OL-7)

BERITA TERKAIT