22 June 2020, 14:35 WIB

Mendagri Ingatkan Masyarakat Covid-19 Belum Selesai


Indriyani Astuti | Humaniora

MENTERI Dalam Negeri ( Mendagri)  Tito Karnavian angkat bicara mengenai kepadatan masyarakat saat Hari Bebas Kendaraan atau Car Free Day pada Minggu (21/6) digelar kembali setelah ditiadakan sementara karena pandemi Covid-19.

Menurut Mendagri  masyarakat ada yang belum siap melaksanakan protokol kesehatan ketika mengikuti Hari Bebas Kendaraan. "Masih ada penumpukan. Saya kira ini harus disosialisasikan secara intens,"ujar Tito dalam konferensi pers di Kantor Kemendagri, Jakarta Pusat, Senin (22/6)

Ia menambahkan bahwa pemerintah provinsi DKI Jakarta dinilai sudah banyak melakukan sosialisasi mengenai pentingnya protokol kesehatan antara lain penjarakan fisik (physical distancing) ketika tatanan kehidupan baru masyarakat produktif yang aman dari Covid-19 di tengah pandemi dijalankan.

Baca juga: Anies: Angka Rt di Jakarta Masih di Bawah 1

Menurut Tito, masyarakat menanggap bahwa pandemi Covid-19 telah berakhir sehingga melupakan protokol kesehatan. "Kita mewaspadai agar jangan sampai nanti masyarakat dengan adanya new normal, semua sudah dianggap selesai," tutur Tito.

Diakuinya, diperlukan waktu untuk beradaptasi dengan tatanan hidup normal baru yang aman dari Covid-19. Oleh karena itu, Tito menganggap sosialisasi dan edukasi mengenai perlu terus- menerus dilakukan.

"Kita harus terbiasa hadapi situasi yang mungkin tidak enak dan harus terbiasa dengan itu," pungkasnya. (OL-4)

BERITA TERKAIT