04 April 2019, 18:40 WIB

Mensos Kukuhkan Seribu Sahabat ODHA


Sri Utami |

MENTERI Sosial Agus Gumiwang Kartasasmita meminta masyarakat terutama siswa sekolah menjadi mitra pemerintah dalam upaya menciptakan masyarakat sehat dan terhindar dari virus HIV. Hal ini ditegaskan Mensos saat mengukuhkan seribu sahabat Orang Dengan HIV dan AIDS (ODHA) di Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Kamis (4/4).

"Kalian ini sudah menjadi mitra pemerintah. Kalian bisa mendorong masyarakat untuk bisa hidup sehat dan menghindari HIV," tegasnya.

Acara tersebut dihadiri oleh kalangan pelajar sekolah menengah atas. Mensos berharap mereka bisa berpartisipasi aktif dalam menjaga ODHA dan membantu agar tidak ada stigma dan diskriminasi terhadap penderita.

"Yang paling utama anak-anak menjadi sahabat ODHA. Jangan mendiskreditkan mereka dan menjadi mitra pemerintah untuk melajutkan pencegahan virus ini," imbuhnya.

Baca juga: Ribuan ODHA tidak Berobat Rutin

Upaya pemerintah menciptakan masyarakat sehat dan terbebas dari virus mematikan sudah menjadi program tahunan dengan memberikan edukasi terhadap masyarakat dan siswa sekolah.

"Memang tidak mudah tapi ini upaya yang pemerintah lakukan. Jadi terus menerus digerakan," cetusnya.

Saat ini, terdapat empat ribu pelajar sahabat ODHA di seluruh daerah. Sedangkan pemerintah memiliki tiga balai besar rehabilitasi yang menampung 150 ODHA.

"Di bagian timur ada di Ternate, Sukabumi dan Medan. Nanti kami akan bangun di Takalar Sulawesi Selatan," ungkapnya.

Dia menambahkan perlu upaya bersama dalam menghapus stigma negatif terhadap ODHA. Hal tersebut harus menggandeng peran serta tokoh masyarakat, agama dan pendidikan.(OL-5)

BERITA TERKAIT