28 February 2019, 08:39 WIB

Ulama Suriah Puji Indonesia Soal Persatuan di Tengah Keberagaman


Akhmad Mustain | Humaniora

KETUA Persatuan Ulama Suriah Syekh Taufiq Ramadhan Al-Buthi, di hadapan peserta Munas dan warga NU, menegaskan Indonesia adalah taman surga. Indonesia, sebut dia, kuat karena persatuannya.

"Persatuan terwujud karena tekadnya. Indonesia adalah taman surga, maka jangan engkau bakar keindahannya," ujarnya saat mengisi forum seminar, Rabu (27/2) malam.

Kekaguman Syekh Taufiq Ramadhan al-Buthi kepada Indonesia karena di tengah keberagaman budaya, Indonesia mempunyai persatuan yang sangat kuat.

Berbeda dengan negara asalnya, Suriah, yang tidak seberuntung Indonesia.

"Jangankan mau mengaji, salat dan berkumpul dengan sekian banyak orang dan mau keluar saja rasa takut dan khawatir selalu menghantui," ujarnya.

Baca juga: Jokowi Ajak NU Tangkal Fitnah dan Hoaks yang Meresahkan

Ia pun menyitir sebuah hadits bahwa Islam akan datang pada suatu golongan yang berbondong-bondong masuk dan menerima ajaran Islam tanpa ada paksaan bagai siang dan malam. Bahkan rela mengorbankan segalanya demi memuliakan agama Islam.

"Patut kita terus bersyukur pada Allah Ta'ala yang mengaruniai negeri ini masih aman dan damai," imbuhnya.

Nahdlatul Ulama menggelar Munas Alim Ulama dan Konbes NU di Kota Banjar dari 27 Februari hingga 1 Maret 2019.

Munas-Konbes NU yang mengangkat tema "Memperkuat Ukhuwah Wathaniyah untuk Kedaulatan Rakyat" itu diikuti perwakilan Pengurus Wilayah NU (PWNU) dari 34 provinsi, lembaga dan badan otonom NU di tingkat pusat, serta para kiai dari berbagai pesantren. (OL-2)

BERITA TERKAIT