11 September 2017, 09:46 WIB

1961: WWF Berdiri


History|BBC|Dok.mi |

WWF-The Conservation Organization (WWF-Organisasi Perlindungan) dulunya bernama World Wildlife Fund dan Worldwide Fund for Nature. Organisasi ini didirikan pada 11 September 1961, di antaranya oleh ahli biologi Sir Julian Huxley, Pangeran Bernhard dari Belanda, Max Nicholson, dan pelukis Sir Peter Scott yang bertanggung jawab atas desain logo panda hitam-putih organisasi ini.

WWF adalah salah satu organisasi lingkungan terbesar di dunia yang memiliki 28 organisasi nasional dengan kantor pusat di Gland, Swiss. Dalam sejarah WWF, ditemukan beberapa penyumbang terbesar, termasuk Chevron dan Exxon (masing-masing lebih dari US$50 ribu pada 1988), Philip Morris, Mobil, dan Morgan Guaranty Trust. Tokoh WWF yang paling terkenal ialah Pangeran Philip yang juga presiden pertama WWF-Inggris sejak didirikan pada 1961 hingga 1982, Presiden Internasional WWF (1981-1996), dan kini Presiden Emeritus.

Organisasi ini mendukung Protokol Kyoto, yaitu sebuah amendemen terhadap Konvensi Rangka Kerja PBB tentang Perubahan Iklim (UNFCCC) dan persetujuan internasional mengenai pemanasan global.

WWF juga bertujuan melindungi keanekaragaman genetis, spesies, dan ekosistem, menjaga penggunaan sumber daya alam agar dapat ditahan untuk jangka waktu yang lama serta mengurangi polusi dan konsumsi yang tidak berguna hingga sekecil-kecilnya.

BERITA TERKAIT