22 February 2023, 19:31 WIB

Joane Win Mengekspresikan Kekerasan Seksual lewat Seni Pertunjukan Teater


mediaindonesia.com |

JOANE Win yang tergabung dalam Regina Art, forum seni pertunjukan  asal Indonesia, akan menampilkan pertunjukan monolog dengan tajuk 'Cotton Candy' di Kota Meksiko dan New York. Karya ini disadur dari 'Ruang Arumanis' yang pernah dipentaskan pada 24 Agustus 2022 lalu di Taman Ismail Marzuki, Jakarta.

Ruang Arumanis menceritakan pergulatan tubuh dan jiwa seorang penyintas kekerasan seksual yang mengharapkan kesembuhan dan keadilan. Joane Win akan memerankan kembali sosok Lisa sebagai seorang penyintas kekerasan seksual.

Melalui seni pertunjukan teater, khususnya monolog, Joane berkisah tentang peristiwa kekerasan seksual yang kerap menimpa perempuan.

"Pelecehan dan kekerasan seksual terhadap perempuan banyak terjadi, dan bisa menimpa siapa saja. Semua orang semestinya memiliki kesadaran dan penghormatan terhadap perempuan, di mana pun," tutur Joane, aktris dari Regina Art.

Melalui media seni pertunjukan, Joane berupaya memperkuat kesadaran publik tentang masalah kekerasan seksual, serta menekankan bahwa kekerasan terhadap perempuan merupakan salah satu bentuk pelanggaran hak asasi manusia.

 

Baca juga: Hong Kong Kingland dan Adhya Group Siap Hadirkan Edutainment Plaza
 

Pementasan monolog Cotton Candy akan mengekspresikan dampak panjang yang ditimbulkan pada penyintas kekerasan seksual masalah hukum dan stigma yang berkembang di masyarakat.

"Kekerasan seksual adalah masalah yang serius. Oleh karena itu, kita semua dapat berpartisipasi dan saling mendukung dalam mengatasi masalah ini, baik sebagai seniman, aktivis, atau sebagai bagian dari masyarakat yang peduli, dan jangan biarkan korban merasa berjuang sendirian," pungkas Joane Win dalam keterangannya Rabu (22/2).

Tahun ini, Regina Art bekerja sama dengan Konsulat Jenderal RI di Meksiko melalui Indonesia Monologue Night menghadirkan dua seniman asal Indonesia dengan pementasan monolog yang berjudul 'Cotton Candy' oleh Joane Win, serta 'Besok atau Tidak Sama Sekali' oleh Wawan Sofwan.

Berbagai persiapan pun telah dilakukan. Tim Regina Art pun telah bertolak ke Meksiko untuk melakukan pementasan pada 25 Februari 2023 pukul 16.00 waktu setempat di Re-Crea Teatro Kota Meksiko. Setelah itu, tim akan menuju Kota New York, Amerika Serikat, guna persiapan pementasan pada Maret 2023 mendatang. (RO/OL-16)

 

BERITA TERKAIT