25 January 2023, 09:45 WIB

Justin Bieber Jual Katalog Musiknya Seharga Rp3 Triliun


Basuki Eka Purnama |

PENYANYI Pop Justin Bieber telah menjual hak penerbitan dan perekaman katalog musiknya kepada Hipgnosis Songs Capital seharga US$200 juta atau sekitar Rp3 triliun. Hal itu diungkapkan Hipgnosis Songs Capital, Selasa (24/1).

Transaksi itu telah dikabarkan selama beberapa pekan terakhir dan membuat penyanyi berusia 28 tahun itu bergabung dengan para penyanyi lain yang telah menjual katalog musik mereka.

Musisi kenamaan seperti Justin Timberlake dan Shakira telah menjual sebagian besar dari karya mereka, keduanya dengan Hipgnosis, namun penjualan seperti ini biasanya dilakukan oleh musisi legendaris seperti Bob Dylan dan Bruce Springsteen.

Baca juga: Konser Justin Bieber di Jakarta Resmi Ditunda

Nilai besar pembelian katalog musik ini, misalnya Springsteen yang menjual katalog musiknya ke Sony seharga setengah miliar dolar, dipandang sebagai taruhan yang aman baik bagi sang artis yang mengamankan mas atua mereka serta bagi investor yang dipastikan akan mendapatkan keuntungan konsisten dari musik kenamaan.

Katalog musisi muda dianggap lebih berisiko namun Bieber merupakan salah satu musisi kenamaan dan kini Hipgnosis menguasai salah satu musik kenamaan di abad ke-21 seperti Baby dan Sorry.

Hipgnosis mengatakan mereka telah membeli hak cipta atas 290 musik milik Bieber, yang mencakup semua musi yang dihasilkan sebelum 31 Desember 2021. (AFP/OL-1)

BERITA TERKAIT