17 October 2022, 11:30 WIB

Asri Welas Ajak Calon Ibu Vaksinasi Rubella


Basuki Eka Purnama |

FIGUR publik dan aktris Asri Welas mengatakan penting bagi para calon ibu untuk melakukan vaksinasi rubella dan pemeriksaan rutin sebelum memutuskan untuk hamil.

Hal itu, kata Asri, diharapkan mampu meminimalisasi penyakit hingga kecacatan, seperti katarak kongenital dan sindrom rubella.

"Anak-anak yang lahir dengan katarak itu biasanya ada masalah di kehamilan. Maka dari itu, sebaiknya saat menikah vaksin rubella, jadi, ketika saat hamil tidak memiliki kecenderungan punya bayi dengan katarak (kongenital)," kata Asri, dikutip Senin (17/10).

Baca juga: Ini Cara Zaskia Adya Mecca Gali Potensi Anak

Lebih lanjut, Asri, yang memiliki seorang putra dengan katarak kongenital, membagikan ceritanya saat mengetahui anaknya mengidap masalah penglihatan tersebut.

Ia mengungkapkan baru mengetahui Ibran, sang putra, memiliki katarak itu di usia 3 bulan. Saat itu, Asri masih belum tahu bahwa ternyata anak dengan katarak bisa dilihat dari dalam kandungan.

"Saya baru tahu (Ibran memiliki katarak) pas usianya 3 bulan. Saya langsung periksakan, informasi soal itu juga masih sedikit waktu itu," kata Asri.

Aktris di serial Yang Hilang Dalam Cinta (2022) itu juga mengatakan, katarak kongenital dapat mempengaruhi tumbuh kembang anak menjadi cukup terlambat. Misalnya terlambat berbicara, kurang fokus, dan lainnya.

Setelah melakukan operasi, Asri banyak mencari referensi dan konsultasi dengan dokter tentang langkah apa yang harus dilakukan selanjutnya. Pemberian kacamata khusus anak dengan katarak kongenital pun ia lakukan hingga sekarang.

"Kacamata diperlukan untuk perkembangan motorik dia. Setelah itu dia baru bisa berguling, dan melihat dunia. Itu dilakukan selesai operasi, harapannya agar panca inderanya bisa berkembang dengan baik," ujar dia.

"Jadi dengan adanya kacamata ini, semua perkembangan motorik kasar anak-anak dengan katarak kongenital ini bisa terbantu, sehingga bisa membantu proses belajarnya," imbuhnya.

Asri berbagi bahwa Ibran, yang kini telah berusia 5 tahun, tumbuh dan berkembang dengan baik dan penuh semangat di tengah keterbatasannya.

"Ibran memang telat untuk bicara. Tapi, sekarang perkembangannya luar biasa," pungkas dia. (Ant/OL-1)

BERITA TERKAIT