30 September 2022, 19:31 WIB

Fakta Menarik Jagat Arwah, Hantu Jadi Pahlawan


Joan Imanuella Hanna Pangemanan |

 

MEMASUKI Oktober, semakin banyak film bergenre horor yang dirilis. Jagat Arwah yang tayang perdana di bioskop pada Kamis (29/9) menjadi salah satu film bergenre horor yang digabungkan dengan fantasi petualangan.

Beberapa aktor dan aktris ternama turut terlibat dalam film ini. Sebut saja ialah Ari Irham, Oka Antara, Sheila Dara, dan Cinta Laura.

Sinopsis Jagat Arwah

Jagat Arwah mengisahkan seorang pria bernama Raga (Ari Irham) yang sedang mencari jati dirinya. Raga berjumpa dengan seseorang yang membukakan mata batinnya.

Hal tersebut dimulai saat kematian Ayah Raga, Sukmo (Kiki Narendra), secara mendadak dan mencurigakan. Ternyata Raga merupakan keturunan penyeimbang Jagat Arwah sekaligus Jawat Manusia yang bergelar Aditya ke-7. 

Masalah Jagat Arwah bermula pada Batu Jagat. Batu yang diturunkan Sang Penerang ini berfungsi menyeimbangkan Jagat Arwah dan Jagat Manusia. Namun, karena berbagai ketamakan dan kejahatan, Batu Jagat yang suci tersebut tercemar dan justru mengancam. Demi mengamankan Batu Jagat, Raga bersama dengan berbagai hantu pilihannya pun bertindak.

Fakta menarik Jagat Arwah

1. Lokasi tempat syuting yang anti-mainstream.

Lokasi syuting dari Jagat Arwah terletak di Kaliangkrik, Magelang, Jawa Tengah, yaitu suatu tempat yang dikenal karena areanya dingin dan penuh kabut.

2. Hantu jadi superhero.

Berbeda dengan film-film horor lain, Jagat Arwah menonjolkan sifat tolong menolong dari berbagai macam hantu. Kuntilanak diceritakan memiliki ketulusan hati untuk membantu Raga mengungkap masa lalunya. Genderuwo, meski agresif dan menyeramkan, tetap dapat bersimpati pada Raga serta gigih menjaganya. Sama dengan Nonik sang suster Belanda yang menggunakan kekuatan supranatural yang ia miliki untuk menyembuhkan.

3. Efek CGI yang berkualitas.

Dalam adegan-adegan yang penuh teror, kualitas CGI yang memukau dapat disaksikan penonton. Ini dimulai dari sosok hantu dengan daun beterbangan di sampingnya sampai kemunculan serbuan kabut, kobaran api, hingga arwah-arwah gentayangan yang seperti akan keluar dari layar bioskop.

4. Teaser Jagat Arwah ditonton lebih dari 1 juta kurang dari 24 jam.

Teaser yang dirilis pada Selasa 24 Mei 2022 di kanal YouTube Visinema Pictures mengundang antusiasme pecinta film horor. Pasalnya teaser tersebut telah ditonton sebanyak lebih dari 1 juta orang kurang dari 24 jam perilisan. (OL-14)

BERITA TERKAIT