14 August 2022, 12:00 WIB

Dianggap Remehkan Bahaya Kanker, Episode Terbaru Extraordinary Attorney Woo Dikritik


Joan Imanuella Hanna Pangemanan |

SERIAL drama Korea Extraordinary Attorney Woo dianggap tidak peka terhadap pasien kanker dan orang-orang yang mereka cintai. Hal itu terjadi karena ada sebuah kalimat di episode terbaru serial Nerflix itu yang dianggap menghina pasien kanker.

Dalam episode drama yang ditayangkan pada 11 Agustus, Jung Myung Suk (diperankan oleh Kang Ki Young) didiagnosa menderita kanker perut stadium 3. 

Woo Young Woo (diperankan oleh Park Eun Bin) mengunjungi mentornya itu di rumah sakit. Jung Myung Suk terlihat memberi tahu Woo Young Woo untuk tidak khawatir, yang dibalas Woo Young Woo dengan komentar yang dianggap menyinggung oleh banyak penonton. 

Baca juga: Kang Ki Young Absen Saat Kru Extraordinary Attorney Woo Liburan ke Bali

"Kanker perut stadium 3 memiliki tingkat kelangsungan hidup 30%-40%," ucap Woo Young Woo.

Setelah episode tersebut ditayangkan, pasien kanker atau mereka yang terkena dampak, yang saat ini sedang berjuang melawan kanker, mengkritik acara tersebut karena membuat lelucon tentang penyakit tersebut.

Berikut beberapa komentar para penonton drama ini

  • "Saya benar-benar berpikir penulis lain menulis episode ini."
  • "Pasien di pusat kanker sangat menikmati menonton drama ini, tetapi saya marah melihat drama menusuk mereka dari belakang. Biasanya, setiap kali sebuah drama berbicara tentang kanker, mereka mengubah salurannya, tetapi saya yakin mereka lengah."
  • "Premis seorang pasien kanker tidak bermasalah, tetapi fakta bahwa ia mengulangi frasa seperti, 'Saya tidak punya waktu lama untuk hidup,' dan kemudian membuat lelucon dengan mengorbankan pasien kanker sungguh mengerikan."
  • "Mereka yang mencoba mempertahankan adegan dengan mengatakan adegan itu untuk menunjukkan realitas spektrum autisme, perlu memahami bahwa pasien kanker hidup dengan kenyataan ini setiap hari dan tidak perlu diingatkan tentang tingkat kelangsungan hidup 30%." 
  • "Ibuku kembali dari kemoterapi, dan meskipun lelah, dia menonton drama, bahkan mengatur alarm untuk itu, hanya untuk mendengar karakter favoritnya berkata tentang tingkat kelangsungan hidup kanker dan mengingatkannya bahwa dia akan segera mati. Seberapa kejam itu? Jika seseorang pernah kehilangan seseorang yang mereka cintai karena penyakit ini, tidak mungkin mereka bisa menggunakannya dengan mudah. Paling tidak, dia seharusnya tidak mengulangi bahwa dia akan mati. Jadi saya harap Anda melalui sesuatu seperti ini untuk mempelajari bagaimana rasanya.”

Kontroversi terbaru hanyalah salah satu dari kritik yang meningkat baru-baru ini untuk drama tersebut. Bagaimana menurut Anda? Apakah menurut Anda drama ini seharusnya lebih berhati-hati dengan topik yang sensitif seperti kanker?  (OL-1)

VIDEO TERKAIT :

BERITA TERKAIT