05 August 2022, 20:54 WIB

Konser Rapsodia Nusantara Peringati Kemerdekaan Bakal Digelar di Sam Poo Kong


Mediaindonesia.com |

Kelompok Musik World Peace Orchestra bakal menggelar konser bertajuk Rapsodia Nusantara, Sabtu 13 Agustus 2022 malam, di Klenteng Agung Sam Poo Kong, Semarang Jawa Tengah. Konser yang diinisiasi Pemerintah Provinsi Jawa Tengah bersama Bank Jateng ini dihelat dalam rangka peringatan dan merayakan Hari Kemerdekaan RI ke 77 sekaligus hari jadi provinsi Jawa Tengah ke 72.

Konduktor sekaligus penata musik dan pendiri World Peace Orchestra, Dwiki Dharmawan mengatakan konser ini didedikasikan untuk merayakan dan mengangkat keberagaman dan keindahan. “Dengan mengangkat keberagaman lagu-lagu nusantara, lagu nasional, lagu popular dan karya musik baru dengan balutan musik  orkestra audiens dapat menikmati nada dan ritmis yang berbeda-beda tapi bersatu  dalam harmonisasi yang indah."

Dalam kesempatan yang sama, Direktur Utama Bank Jateng Supriyatno menyatakan Bank Jateng mendukung konser ini lantaran kesamaan visi untuk peduli terhadap apresiasi seni dan budaya. "Konser ini diharapkan bisa menginspirasi dan membangkitkan semangat masyarakat, melalui musik semakin menggugah semangat dan mempersatukan bangsa serta mendukung kebangkitan karya seni dan industri kreatif di Indonesia," ucapnya.

Pagelaran musik yang disajikan dalam format orkestra ini menampilkan kolaborasi komposer terkemuka Dwiki Dharmawan bersama World Peace Orchestra dengan sederet seniman inspiratif: Andy Rif, Dira Sugandi, Gabriel Harvianto, Filda.C.Wibowo dan Nano Tirto. Akan tampil juga musisi/artis Jawa Tengah Sruti  Respati, NDX AKA, kelompok musik Kolintang Gratia dan Gamelan Soepra bersanding dengan para musisi kawakan dibawah arahan konduktor Dwiki Dharmawan, bisa jadi ini akan merupakan konser yang penuh kejutan.

Konser ini akan dihadiri secara langsung oleh Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo . Melalui konser ini, Bank Jateng dan Pemprov Jateng memberikan pengalaman terbaik kepada masyarakat sekaligus mendukung karya seni dan industri kreatif di Indonesia agar terus bangkit.

Rapsodia Nusantara merupakan wujud syukur dan merayakan keberagaman dan persatuan bangsa Indonesia yang sedang bangkit paska ujian berat pandemi panjang yang telah melanda dunia. World Peace Orchestra Bersama para artis pendukung dengan konduktor Dwiki Dharmawan yang terdiri 45 orang musisi orkestra, ditambah 30 penabuh Gamelan Soepra serta 11 orang pemain Kolintang Gratia akan  membawakan karya musik baru, lagu-lagu popular, lagu nasional dan lagu nusantara dalam balutan musik orkestra. (OL-12)

BERITA TERKAIT