06 July 2022, 13:00 WIB

Fanny Fabriana: Biasakan Menyaring Informasi Sebelum Membagikan


Mediaindonesia.com |

Sekarang ini media sosial (medsos) bukan hanya untuk bersosialisasi. Seiring berjalan waktu, pemanfaatan medsos semakin berkembang. Pengguna semakin kreatif. Sehingga medsos juga bisa menjadi sarana menuangkan kreativitas, karena di dalamnya tersedia apa saja yang bisa membuat pengguna lebih kreatif.

Medsos juga berisi orang-orang yang bisa memberikan manfaat dan informasi. Setiap hari orang menjadi rajin melihat medsos karena banyak informasi mudah didapat. Namun, pengguna medsos yang baik harus harus cerdas, pintar, dan berhati-hati.

“Kita tetap harus punya filter, bukan berarti yang ditampilkan di medsos harus diikuti. Kita harus tahu, apakah ini sesuai untuk kita, baik atau tidak. Kalau memang bagus bisa diikuti sebagai inspirasi, tapi jangan apa-apa harus diikuti karena takut ketinggalan zaman,” kata public figure, Fanny Fabriana di Tuban, Jawa Timur, Jumat (1/7).

Ketika mendapat informasi, seseorang juga harus hati-hati. Jangan langsung dibagikan tanpa tahu kebenarannya. Sehingga semuanya harus disaring dulu sebelum dibagikan ke orang lain.

Kalau ternyata konten atau informasi yang dibagikan ternyata hoaks dan sudah terlanjur viral, setiap orang hanya menjadikannya sebagai pelajaran di kemudian hari. Setelahnya harus lebih hati-hati.
“Kita masih sama-sama tumbuh dan belajar di dunia digital. Kalau kita sudah tanggung membangikan sesuatu dan salah, kita tinggal lebih berhati-hati dan bijak dalam melihat postingan yang kita rasa benar,” ujar Fanny. (OL-12)

BERITA TERKAIT