06 July 2022, 11:27 WIB

Ini Pesan Cantika Abigail untuk Para Penderita Psoriasis


Basuki Eka Purnama |

CANTIKA Abigail, yang merupakan penyintas autoimune psoriasis berpesan kepada masyarakat agar tidak perlu merasa takut atau cemas yang berlebihan apabila menderita penyakit tertentu.

Ia berpendapat, nilai diri seseorang tidak ditentukan oleh penyakit atau pun kesalahan di masa lalu, melainkan dari progress diri dan keinginan orang tersebut untuk menjadi lebih baik.

"Dulu aku belum terbuka tentang psoriasis karena aku masih malu dan masih belum nyaman. Setelah aku terbuka, ternyata mereka malah nyemangatin aku. Jadi aku merasa, oh ternyata psoriasis ini enggak punya power apa-apa terhadap aku," kata Cantika.

Baca juga: Cantika Abigail Akui Mencintai Diri Sendiri tidak Mudah

Saat ditemui di Jakarta, Selasa (5/7), penyanyi yang akrab dipanggil Cantika itu mengatakan dirinya didiagnosa terkena psoriasis sejak 2011.

"Awalnya muncul di kulit kepalaku dulu, gatal banget dan aku garuk sampai berdarah. Setelah (periksa) ke dokter, ternyata psoriasis," ujar Cantika.

Psoriasis adalah peradangan pada kulit yang menyebabkan kulit bersisik, menebal, mudah terkelupas dan terasa gatal. Psoriasis biasanya muncul di kulit bagian lutut, siku, punggung bagian bawah, dan kulit kepala.

Penyebab psoriasis masih belum diketahui secara pasti, tapi diduga penyebab psoriasis adalah akibat dari gangguan sistem kekebalan tubuh. Selain itu, stres, infeksi tenggorokan, dan cuaca dingin juga bisa memicu psoriasis.

"Kalau aku (salah satu) pemicunya karena udara dingin. Semakin dingin udaranya, (kulit) semakin gatal karena (kulit) semakin kering," kata Cantika.

"Setelah aku pikir lagi, tahun 2011 itu adalah tahun dimana aku mengalami perpindahan dari masa SMA ke masa kuliah. Tingkat stresnya tiba-tiba berubah jadi lebih tinggi. Jadi menurut aku, waktu itu aku masih belum mengerti mengelola stres yang baik itu seperti apa," jelas penyanyi kelahiran 1993 itu.

Sayangnya, obat untuk menyembuhkan psoriasis masih belum ditemukan. Salah satu perawatan psoriasis adalah melakukan pola makan sehat, yang ditujukan agar gejala psoriasis tidak semakin parah. 

Pola makan sehat untuk psoriasis adalah mengonsumsi makanan nabati dan menghindari makanan hewani dan alkohol.

"Untuk psoriasis, kalau bisa hindari daging merah dan dairy products seperti susu dan keju. Aku sangat terbantu saat aku tidak lagi mengonsumsi makanan hewani", kata penyanyi Start Over itu

Mengelola stres dengan baik dan istirahat yang cukup juga salah satu cara untuk meredakan gejala psoriasis.

"Banyak penyakit yang sudah parah karena biasanya kita mengabaikan gejala awalnya. Jadi saat aku mulai gatal-gatal (karena stres), itu tanda buat aku untuk (langsung) istirahat," jelas penyanyi yang meluncurkan EP solo berjudul Ode to Blue.

Cantika juga mengatakan ia disarankan oleh dokter untuk terpapar sinar matahari, terutama sinar matahari pagi. (Ant/OL-1)

BERITA TERKAIT