05 July 2022, 12:12 WIB

Budiman Sudjatmiko Mengenang Bob Tutupoli, Harry Belafonte-nya Indonesia


Thomas Harming Suwarta |

PENYANYI legendaris Indonesia Bob Tutupoly meninggal dunia, Selasa (5/7) dini hari. Pelantun lagu Widuri tersebut wafat di usia 82 tahun karena sakit.

Politisi PDIP Budiman Sudjatmiko turut menyampaikan ucapan duka cita dan mengenang Bob, penyanyi berdarah Ambon kelahiran Surabaya, 13 November 1939 itu sebagai Harry Belafonte-nya Indonesia.

Harold George Belafonte adalah penyanyi Amerika-Jamaika yang dijuluki Raja Musik Kalipso. 

Baca juga: Penyanyi Bob Tutupoly Tutup Usia

Belafonte berjasa memopulerkan musik Karibia kepada publik internasional pada 1950-an. Belafonte dikenal dengan lagu Banana Boat Song, terutama lirik Day-O, yang dinyanyikan berulang-ulang. Sepanjang kariernya, ia juga aktif dalam gerakan hak-hak sipil dan urusan kemanusiaan.

"Alun2 disaponi, bocah-bocah digaruki. Beginilah waktu SD saya dkk memelesetkan lagu Symphoni yang Indah, yang dinyanyikan Bob. Om Bob, kamu adalah Harry Belafonte-nya Indonesia Aku akan merindukanmu seperti aku merindukan masa kecilku. Salam Untuk Bude Widuri," cicit Budiman melalui akun Twitter pribadinya, Selasa (5/7).

Kabar Bob Tutupoly meninggal dunia salah satunya disampaikan oleh pengamat musik Stanley Tulung. 

"RIP Oom Bob Tutupoly...Terima kasih untuk semua yg sudah Oom Bob berikan untuk kita semua.. Semoga lapang jalanmu menuju keabadian sejati," tulis Stanley Tulung dalam Instagram miliknya.

Stanley Tulung juga menuliskan jenazah Bob Tutupoly akan disemayamkan di Rumah Duka RS Siloam Semanggi.

"Rencananya jenazah Bob Tutupoly akan disemayamkan di Rumah Duka RS Siloam Semanggi... Kabar lanjutan menyusul...," kata Stanley lagi. (OL-1)

BERITA TERKAIT