22 June 2022, 09:21 WIB

Juri Nyatakan Bill Cosby Bersalah Lakukan Pelecehan Seksual


Basuki Eka Purnama | Hiburan

JURI di pengadilan County Los Angeles, California, Amerika Serikat (AS), Rabu (22/6) WIB, menyatakan Bill Cosby bersalah melakukan pelecehan seksual terhadap seorang perempuan yang pada 1975 masih berusia 16 tahun di Playboy Mansion.

Juri memberikan putusan yang mendukung Judy Huth, yang sekarang telah berusia 64 tahun. Atas putusan itu, Huth berhak mendapatkan kompensasi sebesar US$500.000 (Rp7,4 miliar).

"Ini telah menjadi siksaan dan merasa seperti dicabik-cabik. Bagi saya, ini adalah kemenangan besar," kata Huth tentang perjuangan hukumnya selama tujuh tahun.

Baca juga: Korban Beberkan Kesaksian Saat Dilecehkan Bill Cosby

Juri menyatakan Cosby sengaja menyebabkan kontak seksual yang berbahaya dengan Huth dan mengetahui bahwa Huth saat itu berusia di bawah 18 tahun. 

Sembilan juri memilih setuju bahwa perilaku Cosby dimotivasi oleh minat seksual yang tidak wajar atau abnormal pada anak di bawah umur, sementara tiga juri tidak setuju.

Keputusan juri itu menjadi kekalahan terbesar bagi laki-laki berusia 84 tahun, yang pernah dijuluki America's Dad. 

Sebelumnya, Cosby telah dibebaskan dari penjara pada tahun lalu atas hukumannya pada 2018 terkait kasus kekerasan seksual kepada seorang perempuan.

Pada Selasa (21/6), Cosby tidak menghadiri persidangan atau bersaksi secara langsung, tetapi deposisi video dari 2015 diputar untuk juri di mana ia menyangkal melakukan kontak seksual dengan Huth. Cosby terus menyangkal tuduhan itu melalui pengacara dan humasnya.

Juru bicara Cosby, Andrew Wyatt, mengatakan mereka akan mengajukan banding dan mengklaim mereka menang karena Huth tidak memenangkan ganti rugi.

Pengacara Cosby mengakui kilennya bertemu Huth dan teman SMA-nya di lokasi syuting film di California Selatan pada April 1975, kemudian membawa mereka ke Playboy Mansion beberapa hari kemudian. 

Teman Huth, Donna Samuelson, juga menjadi saksi kunci dalam persidangan.

Huth bersaksi bahwa Cosby mencoba memasukkan tangannya ke bawah celana Huth dan memaksanya melakukan tindakan seks di kamar tidur yang bersebelahan dengan ruang permainan tempat mereka berkumpul bersama teman lainnya.

Huth mengajukan gugatannya pada 2014 ketika tuduhan terhadap Cosby yang diajukan perempuan-perempuan lain mengemuka. 

Pengacara Huth, Nathan Goldberg, mengatakan kepada juri bahwa kliennya layak meminta pertanggungjawaban dari Cosby. (Ant/OL-1)

BERITA TERKAIT