03 June 2022, 08:45 WIB

Menangi Sidang Pencemaran Nama Baik, Apakah Karier Depp Bisa Pulih?


Basuki Eka Purnama |

SETELAH juri di pengadilan memutuskan memenangkan Johnny Depp dalam sidang pencemaran nama baik melawan mantan istrinya, Amber Heard, apakah keputusan itu bisa memulihkan karier bintang Pirates of the Caribbean itu?

Depp, Kamis (2/6) WIB, mengatakan juri telah mengembalikan hidupnya setelah dia dintatakan berhak atas ganti rugi sebesar US$10 juta. Jumlah itu jauh lebih besar dari ganti rugi yang harus dibayarkan Heard kepada Depp sebesar US$2 juta.

Juri mendengar pernyataan dari kubu Depp bahwa dia kehilangan pemasukan sebesar US$22,5 juta setelah dicoret dari film Pirates keenam akibat tuduhan Heard bahwa dia melakukan kekerasan dalam rumah tangga (KDRT).

Baca juga: Depp Sebut Keputusan Juri Kembalikan Kehidupannya

Namun, kuasa hukum Heard mendatangkan saksi yang mengatakan bahwa Depp telah kehilangan daya tariknya karena perilaku tidak profesional, yang mencakup mengonsumsi alkohol dan narkoba.

"Kerusakan telah terjadi. Mulai saat ini adalah awal dari proses untuk kembali normal," ujar seorang sutradara Hollywood, yang pernah bekerja dengan Depp namun menolak disebutkan namanya.

"Namun, saya rasa dia tidak akan mendapatkan pekerjaan dari studio besar karena risikonya terlalu besar."

"Jika dia mengonsumsi alkohol dan narkoba serta telat datang, dia tidak akan bisa menghadapi ketatnya tuntutan akibat banyaknya uang yang digelontorkan untuk sebuah film," lanjutnya.

Selain itu, studio besar Hollywood kemungkinan akan sulit mendapatkan asuransi jika membuat film yang dibintangi Depp.

"Terlalu berisiko menjadikan orang seperti Depp sebagai bintang utama sebuah film berbahaya besar," kata sutradara itu.

Meski begitu, perlu diingat bahwa bintang Hollywood, mulai dari Marlon Brando hingga Mel Gibson berhasil meraih sukses besar di Box Ofice setelah menghadapi skandal yang sangat besar.

"Saya rasa akan ada saja studio yang mau bekerja sama dengan dia," ujar Karen North, dosen dari Universitas Southern California yang memfokuskan diri pada manajeman reputasi.

"Meski ada sejumlah film yang gagal, Depp tetaplah bintang film Box Office," lanjutnya sembari mengatakan, saat ini, nama Depp tengah sangat populer akibat pengadilannya melawan Heard. (AFP/OL-1)

BERITA TERKAIT