02 June 2022, 10:15 WIB

Persidangan Baru Kasus Penyerangan Seksual Bill Cosby Dimulai


Basuki Eka Purnama |

BILL Cosby menghadapi gugatan penyerangan seksual di pengadilan California, Kamis (2/6) WIB, terkait aksi penyerangan yang disebut dilakukan mantan aktor itu di Playboy Mansion, hampir 50 tahun lalu.

Kasus itu merupakan salah satu gugatan yang tersisa terhadap Cosby, 84, yang dituding oleh puluhan perempuan melakukan aksi kekerasan sesksual.

Cosby sempat dipenjara pada 2018 namun dibebaskan pada tahun lalu karena kesalahan teknis.

Baca juga: Bill Cosby Digugat Lakukan Pemerkosaan di New Jersey

Judy Huth, penggugat dalam kasus baru di California itu, menuding aktor yang pernah dijuluki 'Ayah Amerika' itu bertemu dengannya pada 1975, ketika dia berusia 16 tahun, mencekokinya dengan mrias dan kemudian membawanya ke sebuah rumah besar di Los Angeles milik teman Cosny, Hugh Hefner, dan menyerangnya di sebuah kamar.

"Tidak lama setelah dia duduk di kasurs, Cosby menyerang. Dia berusaha memasukkan tangannya ke dalam celananya," ujar kuasa hukum Huth, Nathan Goldberg.

Ketika Huth mengaku sedang menstruasi, Cosby mengeluarkan penisnya dan memaksa perempuan itu untuk memasturbasi dirinya.

Kuasa hukum Cosby membantah tuduhan tersebut.

Karena tidak diharuskan bersaksi langsung di pengadilan, Cosby akan tetap berada di rumahnya di New York dan berpeluang bersaksi melalui sambungan video.

Cosby adalah sosok kenamaan di kalangan selebritas Amerika Serikat pada akhir abad ke-20 lewat perannya dalam film Cosby Show, yang tayang antara 1984 dan 1992.

Namun, sekitar 60 perempuan, mayoritas adalah calon aktris dan model, telah mengajukan gugatan kepada Cosby menyebut aktor itu sebagai seksual predator, yang melakukan aksinya dengan menggunakan obat bius dan miras agar bisa meniduri mereka. (AFP/OL-1)

BERITA TERKAIT