22 May 2022, 11:15 WIB

Ini Rahasia Langgeng Berkarya di Industi Musik Ala Rossa


Basuki Eka Purnama |

ROSSA membagikan rahasianya dapat terus berkarya di industri musik hingga 25 tahun, salah satunya karena dia selalu menikmati setiap proses yang dia jalani.

"Dua puluh lima tahun enggak berasa buat aku. Aku enjoy aja menjalani apa pun, kayak rekaman, mencari inspirasi, bikin video klip, konser, semua dinikmati kayak main aja. Itu yang bikin enggak kerasa ternyata udah 25 tahun," kata Rossa saat konferensi pers, dikutip Minggu (22/5).

Rossa juga mengaku dirinya senang berteman dengan banyak orang terlepas dari status dan usia. Menurutnya, hal itulah yang membuat hidupnya terasa lebih mudah.

Baca juga: Rossa akan Pakai Busana Rancangan Iris van Herpen di Konser Mendatang

"Teman-teman aku enggak terbatas usianya. Zaman dulu aja Tasya Kamila masih umur 5 tahun aku udah sahabatan sampai sekarang dia punya anak bentar lagi 5 tahun juga," ujar Rossa.

"Aku banyak temen beragam status juga, ada yang musisi, temen-temen kuliah, bahkan aku masih temenan sama temen SD, Jadi kayaknya itu yang bikin aku masih bisa ada dan orang memberikan banyak kesempatan buat aku," lanjut dia.

Selain itu, Rossa juga mengatakan para penggemarnya sangat loyal dan berasal dari lintas generasi.

"Kadang-kadang kalau pensi, kok pada tahu sih lagu aku kan mereka belum lahir. Ternyata karena orangtua mereka sering denger lagu aku. Jadi mereka tumbuh dengan lagu aku dan udah gedenya jadi fans aku," kata Rossa.

Meski mengaku selalu menikmati setiap proses yang dia jalani, Rossa juga tidak memungkiri ada saat di mana dia merasakan titik terendah dan tidak tahu langkah apa yang akan dia ambil untuk kariernya di masa depan.

"Aku juga sempat merasa enggak tahu harus berkarya seperti apa lagi. Lagu seperti lagi yang harus aku keluarkan, kok lagu yang aku keluarkan enggak langsung hit ya," tutur Rossa.

"Tapi, yang menyelamatkan aku adalah musik itu sendiri. Aku mencoba mengubah musik aku tanpa kehilangan Rossa-nya. Aku inget banget lagu Jangan Hilangkan Dia. Lagu ini meaningful karena menyelamatkan karier musik aku," pungkasnya.

Rossa resmi memulai debutnya di industri musik pada melalui album Nada-Nada Cinta. Selama 25 tahun berkarya, dia tidak hanya berhasil menggelar konser di dalam negeri tapi juga di Malaysia, Singapura, dan Brunei Darussalam. Bahkan, dia menjadi artis solo Asia Tenggara pertama yang menandatangani kontrak dengan agensi Korea Selatan, SM Entertainment.

Untuk merayakan 25 tahun berkarier di industri musik, Rossa akan menggelar konser bertajuk Rossa 25 Shining Years Concert pada 27 Mei 2022 di Istora Senayan, Jakarta. 

Konser tersebut akan melibatkan empat music director yakni Dandy Lasahido, Risyanda, Eka Gustiwana, dan Andi Rianto, serta mengajak Afgan, Ariel NOAH, Lyodra, dan Boy William sebagai kolaborator.

Rossa 25 Shining Years Concert juga akan digelar di Surabaya pada 25 Juni 2022 dan Bandung pada 29 Juli 2022, serta beberapa kota besar lainnya. (Ant/OL-1)

BERITA TERKAIT