17 May 2022, 08:25 WIB

Gilang Ramadhan Dorong Upaya Pelestarian Musik Tradisional Indonesia


Basuki Eka Purnama |

MUSISI Gilang Ramadhan datang ke Samarinda, Kalimantan Timur, dalam rangka membawa misi dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) untuk menjaga dan melestarikan musik tradisional di Indonesia, termasuk Kaltim.

"Sekiranya puluhan tahun sudah melakukan pendekatan dengan musisi tradisional dari seluruh provinsi, banyak musik tradisional yang harus dijaga dan dipelihara," kata Gilang usai beraudiensi dengan Wakil Gubernur Kaltim Hadi Mulyadi di Rumah Jabatan Wagub Kaltim, Senin (16/5).

Gilang didampingi sejumlah komunitas drumer saat menghadap Wagub Hadi Mulyadi, yang kebetulan juga hobi bermain drum.

Baca juga: Rizky Febian Bawakan Soundtrack My Lecturer My Husband

Gilang mengatakan, sebelum ke Kaltim, dia sudah mengunjungi Nusa Tenggara Timur dan bertemu musisi tradisional di sana.

Sedangkan di Samarinda, Gilang menyosialisasikan Lembaga Manajemen Kolektif (LMK) Musik Tradisi Nusantara, sebagai bentuk komitmen perlindungan terhadap musik tradisional Indonesia.

"Kita ingin ada kebijakan di daerah supaya menjaga musik tradisional. Dengan memutar musik tradisional di mal, hotel dan fasilitas publik lainnya. Ke depan juga sedang digarap agar di setiap provinsi ada anugerah musik tradisional Indonesia," katanya.

Wagub Hadi Mulyadi menyambut baik kedatangan salah satu musisi papan atas Indonesia ini ke Kaltim, apalagi dengan misi khusus menjaga kelestarian musik tradisional di Kaltim pada khususnya dan Indonesia, yang memang kaya akan seni dan budaya tradisional.

"Terima kasih sudah silaturahim ke sini. Di Kaltim, hotel-hotel sudah menyajikan permainan alat musik tradisional untuk menyambut kedatangan tamu. Tapi kami menyambut baik atas niatan ini, untuk menjaga kelestarian musik-musik tradisional," ungkap Hadi Mulyadi. (Ant/OL-1)

BERITA TERKAIT