14 May 2022, 08:00 WIB

Ramengvrl Rilis Single Facts


Basuki Eka Purnama | Hiburan

SALAH  satu rapper terpopuler Indonesia saat ini, Ramengvrl, merilis lagu terbarunya Facts, yang merupakan single utama dari 'siatic.wav Vol. 1, EP kompilasi rilisan label Asiatic Records dari Warner Music Asia. 

Mengenai lagu terbarunya, Ramengvrl mengatakan, "Aku sebisa mungkin selalu membeberkan fakta-fakta di sekitarku, meski kadang hal tersebut kontroversial. Seperti orang-orang yang mempunyai sepatu terkeren tapi mereka tidak mau membayar tagihan mereka atau orang yang merasa mereka di atas semua orang dan menjadi tipe orang yang mereka sebenarnya benci, rasanya lucu bagiku. Di lagu ini, aku membahasnya dengan menyenangkan — membeberkan kenyataan tak melulu harus serius, kita bisa menertawakannya." 

Dikenal lewat performa rap-nya yang prima dan style fashion-nya yang unik, Ramengvrl telah menempatkan dirinya ke jajaran musisi-musisi Asia yang patut diperhitungkan berkat konsistensinya. 

Baca juga: Ramengvrl Rilis Who Dis? di Awal Tahun

Pada 2018 dan 2019 Ramengvrl memenangkan Karya Produksi Rap/Hip-Hop Terbaik di ajang AMI Awards. Di ajang yang sama, pada 2021 ia berhasil membawa pulang piala untuk kategori Karya Produksi Rap/Hip-Hop Terbaik dan Kolaborasi Urban Terbaik. 

Sosok Ramengvrl dinilai sebagai seorang pelopor di bidangnya, terbukti dengan titel Future of Rap industri musik Indonesia dari VICE. 

Setelah perilisan album perdananya Can't Speak English, Ramengvrl juga masuk ke daftar 30-under-30 Forbes Indonesia. Hingga hari ini, Ramengvrl telah mengumpulkan lebih dari 40 juta stream dari berbagai platform dan jumlah pendengar musiknya juga terus bertambah.

Edisi pertama dari banyak edisi lainnya mendatang, EP kompilasi 'asiatic.wav Vol. 1' menampilkan berbagai genre dan tema, serta menjadi destinasi untuk mendengarkan seleksi musik terbaik persembahan musisi-musisi Asia ternama saat ini. 

'asiatic.wav' adalah seri kompilasi EP yang menampilkan musisi-musisi Asia terbaik dari ranah indie, hip-hop, dan R&B dari penjuru Asia. Selain Ramengvrl, 'asiatic.wav Vol. 1' turut menampilkan sejumlah bintang-bintang regional lainnya.

Mrs M, ratu hip-hop Mongolia yang baru-baru ini bergabung dengan roster Asiatic Records turut meramaikan 'asiatic.wav Vol. 1' lewat lagu Daughter of Khan, yang telah berhasil mengumpulkan lebih dari 1 juta view di YouTube hanya dalam 1 minggu. 

EP 'asiatic.wav Vol. 1' juga menampilkan superstar Thailand Phum Viphurit yang berkolaborasi dengan bintang R&B Thomas Ng di lagu Pills. 

Selain itu, salah satu musisi hip-hop paling ramai dibicarakan di Jepang saat ini OZworld juga mewarnai album kompilasi ini lewat lagu Cry 4 the moon, dan juga Tsunari yang merupakan penyanyi dan penulis lagu R&B dan hip-hop berketurunan Inggris-Trinidad-Thailand dengan lagu Cinematic, yang menceritakan tentang menjadi pemeran utama di kehidupan kita sendiri.

Kompilasi EP 'asiatic.wav' selanjutnya akan dirilis akhir tahun ini dan siap menampilkan musisi-musisi asal Asia luar biasa lainnya. (RO/OL-1)

VIDEO TERKAIT :

BERITA TERKAIT