18 April 2022, 11:45 WIB

French Kiwi Juice Berkolaborasi dengan Santana di Single Greener


Basuki Eka Purnama |

MUSISI, produser, dan multi-instrumentalis French Kiwi Juice (FKJ) mengumumkan album keduanya yang akan datang berjudul V I N C E N T, yang siap dirilis pada 10 Juni 2022 mendatang. Bersamaan dengan pengumuman itu, musisi asal Perancis tersebut turut merilis single pertama dari album barunya, Greener, yang turut menampilkan gitaris legendaris Santana. 

Greener merupakan sebuah lagu neo-soul yang mengekspresikan siapa FKJ — seorang multiinstrumentalis dan produser virtuoso dengan satu sisi di dunia baru dan sisi lainnya di dunia yang lama, menciptakan musik-musik yang penuh perasaaan dan tanpa batas untuk generasi yang genre-fuid ini. 

Musiknya menggabungkan jazz, soul, folk, rock, dan sentuhan eksperimental yang membuatnya setara dengan musisi-musisi seperti Tom Misch, James Blake dan Jacob Collier.

Baca juga: Dul Jaelani Merilis Single Astaghfirullah

Berbicara lebih lanjut tentang Greener dan kolaborasinya dengan Santana, FKJ menambahkan, "Greener adalah lagu yang menulis dirinya sendiri dalam satu malam. Tema ini adalah sesuatu yang sering aku pikirkan - kecenderungan kita untuk membandingkan hidup kita dengan orang lain dan merasa iri, meskipun kita sudah memiliki semua yang kita butuhkan. Apalagi dengan adanya media sosial yang membuat hidup setiap orang terlihat begitu sempurna." 

"Ini dimulai ketika aku sedang bermain-main dengan fender bass VI ku suatu malam. Aku sangat menyukai instrumen ini. Aku kemudian menulis lagu untuk melodi ini, dan menambahkan drum live dan gitar utama yang aku mainkan di versi pertama lagu tersebut. Seorang teman yang mendengar versi pertama ini memberi tahu bahwa dia bisa mendengar pengaruh Santana dari gitar utama itu. Menurutku ini sangat masuk akal. Aku tumbuh dengan musik Santana dan memiliki banyak kenangan mendengarkan dan belajar gitar. Jadi aku menulis surat kepadanya, berterima kasih padanya untuk semua inspirasi selama ini. Aku kemudian menambahkan " Jika kamu menyukai lagu ‘Greener’, tentu saja aku akan senang bila kamu mau ikut bergabung". Itu awalnya hanya semacam lelucon dan aku sama sekali tidak berharap apa-apa, tetapi Carlos Santana mendengar musik ini dan berkata bahwa dia ingin ikut menjadi bagian darinya!" lanjutnya.

Membahas tentang kolaborasi ini, Santana menambahkan, “Merupakan suatu kegembiraan untuk berkolaborasi dan berbagi musik dengan saudara saya Vincent (FKJ) di Greener. Bersama-sama, kami melukis sebuah kanvas dengan warna, tekstur, dan musikalitas yang kami tahu akan memberi pendengarnya sebuah keberanian dan kesadaran mendalam akan cahaya dari diri dan kehidupan mereka sendiri. Setelah itu terjadi, tidak ada lagi perpecahan, perpisahan, atau ketakutan. Yang ada hanyalah kegembiraan.” (RO/OL-1)
 

BERITA TERKAIT