07 April 2022, 21:22 WIB

Sambangi Bali lagi, Film Tutuge Gelar Upacara Nyawang


Mediaindonesia.com |

MENYAMBUT penayangan perdananya di bioskop, kru film Tutuge kembali menyambangi Bali. Kedatangan ulang ke lokasi syuting ini ditandai dengan menggelar upara nyawang atau menyampaikan rasa syukur atas usainya proses produksi. 

"Upacara nyawang ini menjadi cara kami melestarikan nilai budaya yang menjadi pesan utama dari film Tutuge," kata sutradara film Tutuge, Virlanwana Langgong, kepada media di Bali, Kamis (7/4). Upacara yang digelar secara sederhana ini dilakukan di Puri Agung Peliatan Desa Ubud, Kabupaten Gianyar, Bali, pada Kamis petang. 

Upacara yang dipimpin N Suendra sebagai pemangku sekaligus juga berperan di film Tutuge merupakan ritual yang sudah lazim dilakukan di Bali. "Prosesi upacara ini untuk mengucapkan terima kasih karena sudah berjalan dengan lancar dan sukses. Kami juga menyadari selama proses syuting pernah ada melaukan kesalahan dan ada kekurangan. Dengan upacara ini agar bisa dimaafkan atas semua kesalahan yang tidak disengaja," kata eksekutif produser Tommy Indratama.

Film Tutuge merupakan film bergenre drama misteri yang menjadikan Bali sebagai lokasi syuting. Film ini rencananya melakukan penayangan perdana di seluruh bioskop nasional pada 14 April mendatang. Proses syuting film ini dilakukan pada 2019, menjelang badai pandemi covid-19 dinyatakan masuk ke Indonesia. 

"Jadi kembalinya tim ke Bali menjadi bentuk napas tilas sebelum film ini diputar di bioskop," ujar Virlan. Dalam film ini, Virlan memilih Rania Putri Sari sebagai pemeran utama yang memerankan tokoh Ameera Janus. Rania sebelumnya sudah pernah membintangi Surat Cinta Untuk Kartini, Anak Garuda, Bumi Itu Bulat, dan Namamu Kata Pertamaku. 

Pemeran lain dalam film Tutuge ialah Imelda Therrine, Rizky Hanggono, Ismi Melinda, dan Givina. Selain sineas nasional, film ini juga mengajak para pemeran dari Bali, yaitu Langlang Buana, Komang Suendra, Nina Tutachi, dan Made Devi Ranita Ningtara. (RO/OL-14)

BERITA TERKAIT