07 April 2022, 21:13 WIB

Pencipta Ninja Hattori dan Doraemon Meninggal di Usia 88 Tahun


Siswantini Suryandari |

PENCIPTA Ninja Hattori, Fujiko Fujio A meninggal di usia 88 tahun di kediamannya, Kawasaki, Jepang, Kamis (7/4). Dia adalah salah satu tokoh mangaka terkenal di Jepang bahkan dunia lewat karyanya Doraemon dan Ninja Hattori.

Fujiko Fujio A lahir di Prefektur Toyama dengan nama asli Motoo Abiko. Seperti dikutip The Japan News, Fujiko Fujio A sejak kecil bercita-cita sebagai seorang mangaka. Dia bekerja sama dengan teman masa kecilnya Hiroshi Fujimoto, dan mereka membuat debut profesional mereka pada tahun 1951.

Pada tahun 1964,  Abiko dan Fujimoto memulai karya serial "Obake no Q-Taro"  ( Little Ghost Q-Taro) di majalah manga Shonen Sunday dengan nama pena bersama Fujiko Fujio. Manga menjadi hit besar karena menggabungkan humor dan fantasi dan membuatnya sangat populer.

Nama Fujiko Fujio gabungan dari dua mangaka Jepang, Fujimoto Hiroshi yang lahir di Takaoka, 1 Desember 1933 dan meninggal 23 September 1996. Dan Abiko Motoo lahir di Himi, Kawasaki 10 Maret 1934 dan meninggal 7 April 2022.

baca juga: The Simpsons Ternyata Telah Prediksi Invasi Rusia ke Ukraina

Keduanya menciptakan sosok Doraemon yang sangat populer di dunia dan menjadi ikon budaya modern Jepang. Di sinilah keduanya mendapat banyak penghargaan baik di Jepang maupun di luar negeri.

Pada saat mereka berpisah pada 1986, keduanya merilis karya masing-masing. Hiroshi Fujimoto menggunakan nama samaran Fujiko Fujio F.  Abiko Motoo memakai nama samaran Fujiko Fujio A.

Fujiko Fujio A kemudian menciptakan manga Ninja Hattori yang juga populer di berbagai negara termasuk Indonesia. Ninja Hattori adalah serial manga karya Fujiko Fujio A yang kemudian diadaptasi menjadi sebuah drama TV, serial anime, dan permainan video.
(N-1)

 

BERITA TERKAIT