05 April 2022, 06:00 WIB

Grammy untuk Louis CK Tuai Kecaman


Basuki Eka Purnama |

LOUIS CK dan Recording Academy, Senin (4/4), panen kecaman setelah komedian Amerika Serikat (AS) itu mendapatkan penghargaan Grammy, lima tahun setelah aksi pelecehan seksual mengakhiri kariernya.

CK, yang mengaku melakukan masturbasi dihadapan banyak perempuan dalam laporan sebuah surat kabar pada 2017, memenangkan penghargaan Grammy untuk album komedi terbaik, Senin (4/4) WIB, lewat pertunjukkan yang membahas skandalnya itu.

Netizen langsung mempertanyakan betapa mudahnya para pemilih Grammy untuk melupakan aksi masa lalu CK.

Baca juga: nilah Daftar Pemenang Utama Grammy Awards 2022

"Luar biasa. Louis CK, peleceh perempuan berantai, sukses mempertahankan kariernya bahkan mendapatkan Grammy," cicit Atima Omara, penulis dan pengamat politik.

Pengguna Twitter yang menggunakan nama @iron_eliza, yang mengaku sebagai mantan penggemar CK, mencicit, "Tidak bisa menerima siapa pun yang memberikan penghargaan untuk Louis CK.

Pada November 2017, New York Times menerbitkan laporan mengenai tudingan yang dialamatkan lima perempuan terhadap CK, yang menuding komedian itu melakukan masturbasi atau meminta izin untuk melakukan masturbasi di depan mereka atau melalui telepon antara 1990-an dan 2005.

CK dengan cepat mengonfirmasi laporan itu dan kariernya langsung terjun bebas akibatnya.

Aksi CK itu terungkap hanya terput sebulan setelah aksi pelecehan Harvey Weinstein mmeicu gerakan global #MeToo.

Pada 2020, CK merilis komedi spesial berjudul Sicerely Louis CK, yang direkan sebelumnya. Dalam komedi spesial itu, CK mengaku belajar banyak dari insiden itu.

"Say telah belajar untuk makan sendirian di restoran dengan orang-orang menunjuk ke arah saya," akunya.

Agustus lalu, CK menggelar tur internasional pertamanya sejak insiden itu. (AFP/OL-1)

BERITA TERKAIT