14 March 2022, 06:45 WIB

Jerry Piko Ungkap Awal Mulai Kiprah di TikTok


Basuki Eka Purnama |

JERRY Suyitno alias Jerry Piko, kreator konten yang memiliki kemampuan berbicara perut tanpa menggerakkan bibir atau ventriloquist, menceritakan kisahnya saat memulai konten di platform media sosial TikTok meski usianya sudah menginjak 40-an tahun.

Sebelum aktif di TikTok, Jerry mengatakan dia memang aktif menghibur di atas panggung. Namun sejak pandemi, dia kemudian berpikir membuat video dan mengunggahnya di platform tersebut, terlebih sang anak juga sering membuat konten.

"Awalnya anak saya kan kreator juga, dia Gen-Z. Kemudian saya pikir, apa ada kesempatan bagi saya yang usianya sudah 40 ke atas untuk berkreasi. Akhirnya saya coba pakai boneka sendirian, waktu itu boneka kain," kata Jerry saat media group interview secara virtual, dikutip Senin (14/3).

Baca juga: Ini Motivasi Vina Muliana Menjadi Kreator Konten Inspiratif

Di bulan-bulan pertama, Jerry mengaku tidak banyak yang menonton videonya di TikTok. Namun, dia tetap berkarya dan mencoba mengganti bonekanya dengan boneka lain yang dia beri nama Kevin, yang menurutnya dapat lebih ekspresif di depan kamera.

Jerry mengatakan, ekspresi yang ditunjukkan Kevin dalam video-videonya rupanya mampu menarik banyak menonton.

"Malah banyak yang nonton, banyak yang mengapresiasi. Wah, ini kan bikin semangat. Ini yang bikin saya terus termotivasi untuk bikin konten terus pakai komedi si Kevin ini," ujarnya.

Bersama boneka Kevin, Jerry kerap menyajikan konten komedi, sulap, hingga pertunjukan gelembung. Tidak lupa, Jerry juga selalu menyelipkan pesan moral di balik setiap konten yang dia unggah.

"Untuk bisa bikin konten terus, saya sering scrolling, misalnya ada pemain ventriloquist senior yang sering memberikan tips berkomedi, saya ambil intisarinya. Saya coba aplikasikan ke dialog saya bersama Kevin dan ternyata bisa," ujar Jerry.

"Di tengah-tengahnya saya kasih pesan moral, misalnya bagaimana kita bisa saling menghargai sesama atau apa yang harus dilakukan kalau ada anak yang tersinggung. Itu saya aplikasikan ke Kevin," pungkas dia.

Berkat kegigihannya dalam membuat konten, belum lama ini, Jerry mendapatkan penghargaan untuk kategori Best Performance di TikTok Awards 2021. (Ant/OL-1)

BERITA TERKAIT