24 February 2022, 12:15 WIB

Moona Hoshinova Pecahkan Rekor untuk YouTuber Virtual


Basuki Eka Purnama |

MOONA Hoshinova dari hololive Indonesia mencetak rekor baru dengan menjadi YouTuber virtual Indonesia pertama yang menembus angka 1 juta pelanggan per 22 Februari 2022.

Dikutip dari siaran resmi, Kamis (24/2), Moona adalah VTuber dengan pelanggan terbanyak di dunia nomor 30 saat ini, nomor 1 di Indonesia dan juga Asia Tenggara.

Moona adalah anggota hololive Indonesia, grup VTuber di bawah naungan hololive production yang memiliki lebih dari 60 juta penggemar global, generasi pertama dengan debut perdananya yang dirilis pada 11 April 2020.

Baca juga: Riri Riza Angkat Sosok Ciputra dan Sulianti Saroso ke Layar Youtube

Penggemarnya tidak cuma datang dari Indonesia, tapi juga dari mancanegara.

Moona Hoshinova digambarkan sebagai figur seorang mahasiswi merangkap model dan idola yang terjun ke dunia Vtuber. Ekspresinya datar tapi sebenarnya penakut.

"Untuk merayakan 1 juta subscribers yang berhasil dijangkaunya hampir 2 tahun sejak debut Moona dirilis, Moona ingin membuat rangkaian acara spesial dengan ia rencananya akan menghibur penonton selama 24 jam non-stop di YouTube pada Maret mendatang," kata hololive dalam keterangan resmi, dikutip Kamis (24/2).

Moona juga dikenal sebagai VTuber yang berbakat dalam bernyanyi terutama genre pop rock dan balada.

Setiap bulannya, Moona mengadakan streaming khusus karaoke di channelnya yang diberi nama #MoonUtau, atau dalam bahasa Jepang artinya Sang Bulan Bernyanyi, dan pada Februari 2021, ia pertama kali merilis lagu originalnya dalam bahasa Jepang, Ai no Chiisana Uta, yang kini telah ditonton lebih dari 3 juta kali di YouTube dan 800 ribu kali di Spotify.

Pada ulang tahun yang jatuh pada 15 Februari 2022, dia merilis lagu kedua berjudul High Tide. 

Berbeda dengan lagu pertama yang bertema cinta dengan genre balada, lagu kedua ini bertempo lebih cepat dan mengusung kisah fantasi. Lagu dan liriknya dibuat komposer ZSunder yang berbasis di Timur Tengah.

High Tide bercerita tentang seorang dewi yang sangat dipuja oleh banyak orang, kecuali seorang manusia yang belum terhasut. Lalu dewi ini pun berupaya menunjukkan kehebatannya kepada manusia tersebut hingga akhirnya ia pun mempercayai kehebatan dewi tersebut pada akhirnya.

Dewi dan manusia di dalam lagu ini ibaratnya seperti Moona dan para penggemarnya. Peluncuran High Tide adalah salah satu rangkaian acara ulang tahun Moona yang akan dilanjutnyan dengan streaming Totsumachi (aktivitas menunggu telepon dari teman saat merayakan sesuatu, sebagai analogi mengunjungi pesta), penualan pernak-pernik baru, sesi karaoke dan streaming istimewa. (Ant/OL-1)

VIDEO TERKAIT :

BERITA TERKAIT