15 January 2022, 11:22 WIB

Mark Ruffalo dan Tokoh Film Lain Dukung Emma Watson soal Palestina


Mediaindonesia.com | Hiburan

SEJUMLAH tokoh besar dunia perfilman, termasuk Susan Sarandon, Mark Ruffalo, Peter Capaldi, dan Charles Dance mengeluarkan pernyataan mendukung Emma Watson dan solidaritas Palestina. Pekan lalu, Watson, yang terkenal karena memerankan Hermione Granger dalam franchise Harry Potter, dituduh antisemitisme setelah dia mem-posting gambar di Instagram yang menunjukkan foto protes pro-Palestina dengan spanduk bertulis solidaritas ialah kata kerja. 

Itu disertai kutipan tentang makna solidaritas dari sarjana feminis interseksional Sara Ahmed. Postingan tersebut menuai kritik keras dari pejabat Israel, termasuk Danny Danon, mantan menteri sains di pemerintahan Benjamin Netanyahu dan duta besar Israel untuk PBB. "Sepuluh poin dari Gryffindor karena menjadi antisemit," ujarnya.

Duta Besar Israel untuk PBB saat ini, Gilad Erdan, mengatakan, "Fiksi mungkin berhasil di Harry Potter tetapi tidak berhasil dalam kenyataan. Jika itu terjadi, sihir yang digunakan di dunia sihir bisa menghilangkan kejahatan Hamas (yang menindas wanita dan mencari pemusnahan Israel) dan PA (yang mendukung teror)."

Baca juga: Israel Perpanjang Penahanan Remaja Palestina yang Sakit

Dalam surat yang diselenggarakan oleh Artists for Palestine UK, suatu jaringan budaya yang berdiri bersama untuk hak-hak Palestina, lebih dari 40 orang bernama, termasuk Gael García Bernal, Jim Jarmusch, Maxine Peake, Viggo Mortensen, dan Steve Coogan, berpihak membela Watson. "Kami bergabung dengan Emma Watson mendukung pernyataan sederhana bahwa solidaritas ialah kata kerja, termasuk solidaritas yang bermakna dengan Palestina yang berjuang untuk hak asasi mereka di bawah hukum internasional," ungkap mereka sebagaimana dilansir The Guardian, Kamis (13/1).

Mengutip laporan Human Rights Watch yang mengeklaim Israel melakukan kejahatan apartheid dan penganiayaan, para seniman, termasuk lawan main Watson di Harry Potter, Miriam Margolyes dan Julie Christie, melanjutkan, "Kami mengakui ketidakseimbangan kekuatan yang mendasari antara Israel, kekuatan pendudukan, dan orang-orang Palestina, orang-orang di bawah sistem pendudukan militer dan apartheid. Kami menentang upaya Israel yang sedang berlangsung untuk secara paksa menggusur keluarga Palestina dari rumah mereka di lingkungan Jerusalem Timur Sheikh Jarrah, Silwan, dan tempat lain di wilayah Palestina yang diduduki."

Para seniman menambahkan bahwa mereka mengutuk segala bentuk rasisme, termasuk antisemitisme dan Islamofobia. "Penentangan terhadap sistem atau kebijakan politik berbeda dari kefanatikan, kebencian, dan diskriminasi yang menargetkan kelompok manusia mana pun berdasarkan identitas mereka," kata mereka.

Baca juga: 'Hermione' Suarakan Dukungan untuk Palestina, Pejabat Israel Meradang

Penanda tangan lain termasuk penulis skenario dan produser James Schamus dan sutradara Asif Kapadia, Mira Nair, dan Ken Loach. Loach baru-baru ini dikeluarkan dari Partai Buruh. (OL-14)

BERITA TERKAIT