14 January 2022, 09:00 WIB

Pangeran Charles Gelar Pameran Tunggal di London


Galih Agus Saputra | Hiburan

Putra sekaligus pewaris tahta tertua Ratu Inggris Elizabeth II, Pangeran Charles kini tengah menggelar pameran tunggal di Chelsea Barracks, London. Pameran yang menampilkan lukisan cat air Pangeran Wales itu rencananya akan berlangsung hingga 14 hari mendatang.

Kurator Pameran, Rosie Alderton mengatakan Charles adalah bangsawan senior yang cukup produktif melahirkan karya dalam 50 tahun terakhir. Hingga saat ini, kurang lebih ada 680 lukisan cat air yang dihasilkan dan terkadang ditandatangani dengan beberapa nama samaran seperti A.G. Carrick, Arthur and George, atau Earl of Carrick.

Alderton juga mengatakan Charles ialah pria yang terlahir dari "garis keturunan seniman". Ayah Charles, Pangeran Philip, yang meninggal April lalu dalam usia 99 tahun, juga dikenal sebagai pelukis yang tak kalah produktif. "Karya seninya sangat indah dan sayang sekali jika dia tidak melukis," katanya, seperti dilansir dari NDTV, Kamis, (13/1).

Charles sebelumnya juga pernah menggelar beberapa pameran tunggal. Pada 1998, misalnya, ia pernah memamerkan 50 karyanya di Hampton Court Palace, Molesey Timur. Sebanyak 30 karya juga sempat dipamerkan di Galeri Nasional Australia pada 2018 untuk merayakan ulang tahunnya yang ke-70.

Dalam catatan tertulis pameran kali ini, Charles mengaku memilih cat air karena tidak mendapat kepuasan dari fotografi. Selain itu, ia juga menjelaskan melukis pada dasarnya bukan sekedar kegiatan artistik akan tetapi juga memberikan dampak psikologis.

"Itu semua membutuhkan konsentrasi yang cukup intens dan akibatnya ada salah satu latihan paling santai dan terapeutik. Faktanya, dalam kasus saya, saya merasa itu membawa saya ke dimensi lain yang secara harfiah menyegarkan bagian-bagian jiwa yang tidak dapat dijangkau oleh aktivitas lain," terangnya.

Charles tampaknya juga lebih banyak mengeksplorasi lanskap seperti wilayah pegununan dan pedesaan dalam lukisan cat airnya. Kiranya ada 79 karya yang menampilkan pegunungan Skotlandia yang tertutup salju dan pedesaan Welsh, puncak Provencal Prancis, Gunung Athos di Yunani dan wilayah Transylvania di Rumania. Pangeran kelahiran 14 November 1948 itu bahkan terlihat beberapa kali melukis Beinn a'Bhuird, yang merupakan pegununan di Cairngorms, timur laut Skotlandia.

"Saya tidak berada di bawah ilusi bahwa sketsa saya mewakili seni yang hebat atau bakat yang berkembang. Mereka hanya menjadi bentuk khusus dari 'album foto' saya, yang dengan demikian sangat berarti bagi saya," pungkas Charles. (OL-12)

BERITA TERKAIT