12 January 2022, 12:00 WIB

BTS Puncaki Penjualan Lagu Digital di AS Selama 2 Tahun Berturut- turut


Basuki Eka Purnama |

GRUP K-Pop BTS memuncaki tangga penjualan lagu digital di Amerika Serikat (AS) selama dua tahun berturut- turut.

Nampaknya, para penggemar BTS di 'Negeri Paman Sam' tergila-gila dengan single Butter, dengan 1,89 juta unduhan lagu itu terjual secara digital selama 2021.

Melansir Kantor Berita Yonhap, dikutip Rabu (12/1), prestasi itu dicatatkan oleh MRC Data dan Billboard yang dirilis dalam laporan akhir tahun mereka.

Baca juga: BTS dan IU Berhasil Bawa Pulang Penghargaan Golden Disc Awards

Sebelumnya, pada 2020, BTS juga merebut predikat penjualan lagu digital terbanyak berkat Dynamite dengan 1,26 juta unduhan.

Butter menjadi lagu pop disko yang cocok untuk menemani aktivitas selama musim panas 2021 dirilis dalam Bahasa Inggris.

Lagu itu pun menjadi mudah dinyanyikan oleh banyak orang dan tidak heran lagu itu sempat bertahan selama 10 minggu berturut- turut di tangga lagu Billboard Hot 100.

Hal itu juga menjadikan Butter sebagai lagu bersejarah karena sepanjang kehadiran Billboard hanya ada 40 lagu yang bisa mencapai prestasi serupa.

Selain Butter, dua lagu BTS juga masuk dalam sepuluh besar lagu denganpenjualan digital terbanyak di 2021 yaitu Permission to Dance dengan 404 ribu unduhan, serta lagu My Universe, hasil kolaborasi dengan band asal Britania Raya Coldplay, yang mencapai 287.000 unduhan.

Sementara dari kategori album fisik terlaris, untuk 2021, BTS gagal merebut predikat tersebut.

Hanya di 2020 BTS menduduki puncak daftar album fisik terlaris dengan album penuh keempat mereka, Map of the Soul: 7. (Ant/OL-1)

BERITA TERKAIT