11 December 2021, 17:10 WIB

Aktris Senior Yessy Gusman Ziarah ke Makam Ki Enthus Susmono


Supardji Rasban | Hiburan

MENGHADIRI sejumlah acara di Kota Tegal Jawa Tengah aktris senior Yessy Gusman, 59, menyempatkan diri berziarah ke makam dalang kondang, Ki Enthus Susmono, beberapa hari lalu. Disertai sejumlah koleganya, Yessy berziarah ke makam Ki Enthus yang berlokasi di rumah pribadinya Desa Bengle Kecamatan Talang Kabupaten Tegal Jawa Tengah. 

Yessy yang berziarah malam hari itu disambut istri Ki Enthus Nurlaela dan putra Ki Enthus dari istri pertama, Haryo Enthus Susmono. "Saya sudah kenal Ki Enthus cukup lama. Yang terakhir ketika beliau menjabat Bupati Tegal kami juga kerap bertemu kalau kebetulan saya ada acara di Tegal," tutur Yessy yang namanya mulai melejit lewat film Gita Cinta Dari SMA (1979) bersama Rano Karno.

Dalam pandangan Yessy, Ki Enthus merupakan seorang pribadi yang unik dan dekat dengan masyarakat. "Ketika beliau menjabat sebagai Bupati Tegal gaya eligaliternya juga tidak berubah," ucap Yessy yang pernah membintangi sejumlah film seperti Romi & Yuli, Puspa Indah Taman Hati, Buah Terlarang, Neraca Kasih, dan masih banyak lagi.
 
Wanita kelahiran 21 Juli 1962 itu bercerita tak hanya berziarah dan berdoa di makam Ki Enthus tetapi dirinya juga bersilaturahim dengan keluarganya. Yessy sempat makan malam dengan keluarga Ki Enthus di rumahnya.

"Yang meladeni Mbak Nurlaela istri Ki Enthus. Anaknya Haryo Ki Enthus juga ikut menemui saya. Masakannya enak. Sambalnya sedap banget," kata Yessy yang belakangan aktif di dunia literasi bahkan menjadi Bunda Baca Indonesia.

Budayawan Pantura Atmo Tan Sidik yang ikut menemani Yessy berziarah ke makam Ki Enthus sekaligus yang memimpin doa. Ia menyampaikan hubungan Yessy dengan Ki Enthus cukup akrab. "Bukan hanya dengan almarhum Ki Enthus, Mbak Yessy juga akrab dengan keluarga Ki Enthus," ucap Atmo.

Baca juga: Katrina Kaif-Vicky Kaushal Resmi Menikah, Selebritas Bollywood Berdatangan

Menurut Atmo, kedatangan Yessy ke Tegal untuk memenuhi undangan sejumlah pihak seperti seminar yang temanya terkait dengan dunia literasi. "Mbak Yessy juga diundang menghadiri Lustrum ke II Taman Bacaan Masyarakat (TBM) Sakila Kerti. Yang mengundang Mas Yusqon (Pengasuh TBM Sakila Kerti) langsung," kata Atmo. (OL-14)

BERITA TERKAIT