08 December 2021, 12:00 WIB

Smollett Bantah Pura-Pura Diserang


Basuki Eka Purnama | Hiburan

AKTOR Amerika Serikat Jussie Smollett, Selasa (8/12) WIB, membantah dirinya memalsukan serangan terhadap dirinya kala bersaksi di pengadilan Chicago.

Mantan bintang serial Empire itu dituding mengatur serangan terhadap dirinya sendiri pada 2019 demi meraih publikasi dan mendapatkan bayaran yang lebih besar.

"Sama sekali tidak ada hoaks," ujar aktor berusia 39 tahun itu kala bersaksi.

Baca juga: Bio One Jadi Gepeng di Film Srimulat: Hil yang Mustahal

Dia membantah telah mengatur penyerangan terhadap dirinya dengan dua pelaku.

Smollett melapor kepada polisi pada Januari 2019 bahwa dia diserang pada tengah maam saat berjalan di dekat kediamannya di Chicago.

Polisi yang menyelidiki insiden itu mengatakan, berdasarkan rekaman CCTV dan data ponsel milik Smollett, aktor itu mengatur insiden itu bersama dua orang lainnya.

Smollett, yang berkulit hitam dan gay, bersikeras dirinya tidak bersalah dalam kasus tersebut.

Jaksa menuding Smollett mengirim surat ancaman kepada dirinya sendiri, yang dilenagkapi dengan ejekan homofobia dan rasis, sebelum mempekerjakan dua orang, kakak beradik Olabinjo dan Abimbola Osundairo, untuk berpura-pura menyerangnya sembari meneriakan slgal 'Make America Great Again' milik mantan presiden AS Donald Trump.

Smollett disebut membayar kakak beradik itu sebesar US$3.500.

Jaksa menuding Smollett berusaha mendongkrak kariernya dan menuding studio yang memrpoduksi serial Empire tidak mempedulikan surat ancaman yang diterimanya.

Jika terbukti bersalah, Smollett terancam hukuman penjara 3 tahun.

Pekan lalu, kakak beradik Osundario bersaksi bahwa mereka memang dibayar untuk berpura-pura menyernag aktor yang dicoret dari serial Empire setelah insiden itu terbongkar.

Abimbola Osundairo mengatakan Smollett mengaku kecewa karena studio tidak menganggap surat ancaman itu serius.

"Dia kemudian meminta saya memukulinya. Saya diminta memukulnya namun tidak terlalu keras," ujar Osundairo.

Abimbola Osundairo mengaku sepakat membantu Smollett karena merasa berutang setelah aktor itu membantunya mendapatkan peran kecil di serial Empire.

Olabinjo Osundairo mengatakan Smollett menjelaskan rencananya dan mengajari mereka ejekan apa yang harus digunakan.

Kakak beradik itu sempat kabur ke Nigeria, negara asal mereka. keduanya ditangkap saat kembali ke Chicago.ruari lalu. (AFP/OL-1)

BERITA TERKAIT