09 November 2021, 21:31 WIB

Ini Daftar Negara Arab yang Tolak Tayangkan Film Eternals


Mediaindonesia.com |

FILM box office dari Disney/Marvel, Eternals, yang membukukan hari pertama US$7,6 juta tidak akan meraup pendapatan di Arab Saudi, Qatar, Kuwait, Bahrain, dan Oman dalam rencana rilisnya di masa mendatang. Eternals awalnya dijadwalkan untuk dibuka di wilayah tersebut pada 11 November.

Meskipun alasan resmi tidak diberikan oleh studio atau wilayah setempat, Deadline.com mencoba memberikan analisa. Di Arab Saudi, Bahrain, dan Oman, badan sensor akan memotong adegan intim dan Disney tidak mau disensor. Karenanya izin distribusi tidak dikeluarkan.

Di Kuwait dan Qatar, film superdewa arahan Chloe Zhao diblokir. Masalahnya, kita dengar, mungkin bukan semata-mata adegan ciuman sesama jenis di fim itu, melainkan bahwa secara keseluruhan pasar ini secara historis memiliki masalah dengan penggambaran dewa dan nabi, sesuatu yang mereka anggap menghujat.

Di Uni Emirat Arab, Yordania, Libanon, dan Mesir, Deadline memahami bahwa versi film akan dirilis yang menghilangkan semua adegan keintiman, baik itu heteroseksual maupun homoseksual. Ini umumnya praktik normal untuk pasar ini.

Baca juga: Ini Hal-Hal Baru yang Ditawarkan Eternals di MCU

Kembali pada Mei 2017, Wonder Woman secara resmi dilarang di Libanon. Larangan itu didorong oleh kelompok Libanon dalam kampanye boikot pendukung Israel-Libanon karena aktris utama film tersebut, Gal Gadot, ialah orang Israel dan mantan tentara di tentara negara itu. Wonder Woman juga dilarang di Tunisia. (OL-14)

BERITA TERKAIT