20 October 2021, 09:30 WIB

Squid Game Dongkrak Pelanggan Netflix


Basuki Eka Purnama | Hiburan

NETFLIX melaporkan keuntungan miliaran dolar dan pertumbuhan pelanggan yang luar biasa berkat sejumlah serial sukses, salah satunya Squid Game.

Sebelumnya, analis mengkhawatirkan melonjaknya pelanggan Netflix selama pandemi akan disusul dengan merosotnya jumlah itu saat dunia mulai kembali berangsur normal.

Namun, layanan streaming itu mengatakan di kuarter ketiga 2021, mereka meraup keuntungan sebesar US$1,45 miliar seiring pemasukkan mereka naik 16% menjadi US$7,5 miliar.

Baca juga: Gong Myung Bicara Soal Drama Korea Terbarunya

Jumlah pelanggan Netflix naik 4,4 juta, dua kali lipat dari kuarter yang sama pada 2020, sehingga layanan streaming itu mengakhiri kuarter ketiga dengan 214 juta pelanggan.

Season baru serial Money Heist dan Sex Education merupakan peraup penonton terbanyak setelah ditonton oleh masing-masing 69 juta dan 55 juta rumah tangga.

Adapun Squid Game menjadi serial paling populer sepanjang sejarah Netflix setelah disaksikan 142 juta rumah tanga dalam tempo 4 pekan sejak dirilis pada pertengahan September.

"Popularitas Squid Game sangat luar biasa. Serial itu menduduki posisi pertama di 94 negara," ungkap Netflix.

Penambahan pelanggan Netflix terbanyak berasal dari kawasan Asia-Pasifik yang mencakup penambahan 2,2 juta pelanggan.

Pengamat senior Third Bridge Joe McCormack menggarisbawahi kekuatan fenomena Squid Game.

"Squid Game merupakan contoh teranyar dari kemampuan Netflix menghasilkan hit global dengan dua pertiga dari total pelanggan itu menonton serial itu dalam tempo empat pekan pertama," ungkapnya. (AFP/OL-1)

VIDEO TERKAIT :

BERITA TERKAIT