13 October 2021, 11:30 WIB

Demam Squid Game Landa Tiongkok


Basuki Eka Purnama | Hiburan

MESKI tidak tersedia di Tiongkok, serial Netflix Squid Game sukses meraih popularitas di 'Negeri Tirai Bambu' itu dengan para penonton menonton secara ilegal dan membeli merchandise dari serial drama Korea tersebut.

Squid Game telah menjadi serial terpopuler Netflix sepanjang masa, ungkap layanan streaming itu Selasa (12/10), namun dipastikan tidak akan lolos sensor di Tiongkok karena adegannya yang brutal.

Meski begitu, serial itu menarik perhatian di sejumlah kota Tiongkok, termasuk Shanghai, ketika pada Selasa (12/10), sekelompok orang mengantre untuk membeli dalgona, permen yang ditampilkan di salah satu episode.

Baca juga: Netflix Tetapkan Squid Game Sebagai Serial Terpopuler

Toko yang menjual dalgona itu bahkan menampilkan tema Squid Game.

"Orang-orang mulai mengirimkan lelucon terkait Squid Game di grup chat ketika saya mulai menonton," ujar seorang pembeli yang mengaku bernama Li.

"Film itu sangat menegangkan jadi menarik," lanjutnya.

Setelah membeli dalgona, Li dan teman-temannya merekam upaya mereka meniru tantangan yang ada di Squid Game, dengan para aktor berusaha memotong bentuk tanpa memecahkan permen itu.

Squid Game menampilkan warga yang paling termarginalkan dan dililit utang dalam perlombaan memainkan permainan anak dengan taruhan nyawa. Yang bisa bertahan akan memenangkan hadiah uang sebesar US$38 juta (sekitar Rp540,5 miliar).

Saat serial itu meraih popularitas di dunia, produsen di Tiongkok berlomba menghasilkan produk yang diminati pasar termasuk seragam merah dan topeng para penjaga.

Peng Xiuyang, pedagang di laman daring Taobao, mengatakan penjualannya meningkat sebesar 30% gara-gara Squid Game.

Dia belum pernah mendengar mengenai serial itu ketika, bulan lalu, seorang konsumen bertanya apakah dia menjual topeng Squid Game, topeng hitam yang menampilkan gambar lingkaran, segitiga, atau bujur sangkar.

Namun, kini, pedagang seperti Peng dan produsen plastik di Yiwu berlomba memeunhi permintaan baik dari dalam maupun luar negeri.

"Konsumen kami adalah mereka yang telah menonton serial itu dan ingin ikut tren," ujar Peng.

Menjelang Halloween, topeng penjaga Squid Game menjadi produk yang banyak diincar. (AFP/OL-1)

BERITA TERKAIT