09 October 2021, 09:00 WIB

Punya Komedo? Jangan takut, Ini Cara Menghilangkannya


Sofia | Hiburan

MUNCULNYA komedo di hidung bisa jadi kondisi yang sangat menjengkelkan. Komedo di hidung biasanya berupa bintik-bintik kecil gelap yang tidak mudah dihilangkan. Komedo adalah salah satu jenis jerawat.

Melansir Insider, masalah kulit ini muncul ketika pori-pori atau folikel rambut terisi sebum atau minyak alami, kotoran, sel kulit mati, dan bakteri. Ketika kotoran di pori-pori teroksidasi, permukaannya menjadi hitam dan muncul komedo.

Di bawah ini ada 5 cara untuk menghilangkan komedo :

1. Minyak kelapa

Melansir Medical News Today, minyak kelapa bisa digunakan sebagai pembersih wajah harian untuk menghilangkan polutan dan bahan seperti makeup yang dapat menyumbat pori-pori dan berpotensi menyebabkan komedo.

Bahan alami ini juga juga dapat membantu menghilangkan komedo. Caranya, minyak kelapa hanya perlu dioleskan pada area kulit yang berkomedo.

2. Tea tree oil

Tea tree oil dapat digunakan untuk membantu menghilangkan kotoran dan minyak di kulit yang dapat menyumbat pori-pori dan berpotensi menyebabkan komedo. Tea tree oil juga memiliki sifat anti-komedogenik (antibakteri dan antiinflamasi) yang dapat membantu menghilangkan komedo.

Untuk mendapatkan manfaat ini, Anda tinggal mengoleskan tea tree oil pada bagian wajah yang berkomedo. Agar lebih optimal, tea tree oil dapat dicampur dengan minyak kelapa, minyak zaitun, atau minyak jojoba saat digunakan sebagai bahan oles.

3. Oatmeal 

Menurut sebuah artikel dalam Journal of Drugs in Dermatology, oatmeal memiliki sifat antiinflamasi, pengelupasan kulit, dan menyejukkan kulit. Ini bermanfaat juga untuk menghilangkan komedo.

Untuk digunakan pada kulit yang berkomedo, campur 2 sendok makan oatmeal dengan 3 sendok makan yogurt alami dan 1 sendok makan minyak zaitun. Setelah bahan tercampur, oleskan ke kulit yang telah dilembabkan lalu biarkan selama 15 menit.

4. Gunakan plester khusus pembersih komedo 

Untuk mengatasi komedo di hidung secara instan, Anda juga bisa menggunakan plester khusus pembersih komedo. Plester ini bisa membantu mengangkat sel kulit mati, kotoran, dan penyumbat pori-pori di hidung. Namun, plester pembersih komedo biasanya tidak bisa mencegah komedo balik lagi karena tidak mengontrol produksi minyak.

Agar hasil pembersih komedo di hidung lebih optimal, sebelum menggunakan plester khusus ini, pastikan Anda menghirup uap dari air panas untuk membuka pori-pori di hidung. Setelah itu, baru gunakan plester khusus pembersih komedo. Perlu diingat, strip atau plester khusus komedo ini tak boleh digunakan setiap hari karena bisa menyebabkan kulit kering dan rentan iritasi.

5. Eksfoliasi 

Cara menghilangkan komedo di hidung yang paling efektif yakni dengan eksfoliasi atau pengelupasan kulit. Hindari eksfoliasi dengan scrub karena justru bisa melukai kulit sensitif sekitar komedo dan memicu jerawat yang meradang. Agar lebih aman, gunakan produk perawatan kulit untuk eksfoliasi yang aman seperti alpha hydroxy acid (AHA) dan beta hydroxy acid (BHA).

Bahan aktif AHA dan BHA dapat membantu mengangkat sel kulit mati, termasuk menghilangkan komedo membandel. Perlu diingat AHA dan BHA bisa turut menghilangkan lapisan kulit bagian atas sehingga kulit lebih rentan iritasi saat terpapar sinar matahari.

Untuk itu, jangan lupa gunakan tabir surya saat akan ke luar rumah.(OL-5)

BERITA TERKAIT