30 September 2021, 13:15 WIB

Lisa, Musisi K-Pop Perempuan Pertama yang Puncaki Tangga Lagu Rap AS


Anggi Putri Lestari | Hiburan

LAGU Money milik personel Blackpink Lisa melakukan debut di No 1 di tangga lagu Penjualan Lagu Digital Rap, peringkat Billboard untuk lagu rap yang benar-benar terjual paling banyak. 

Penyanyi dan rapper Blackpink itu sekarang menjadi musisi perempuan Korea Selatan (Korsel) pertama (Lisa lahir dan besar di Thailand, tetapi kariernya dimulai di Korsel) yang menduduki puncak tangga Penjualan Lagu Digital Rap.

Money dirilis sebagai salah satu dari dua lagu yang ditampilkan pada proyek solo debut Lisa, dan kedua lagu tersebut, Money dan Lalisa, diterima dengan hangat di AS. 

Baca juga: Hwasa Mamamoo Bersiap untuk Comeback Solo

Saat Money diluncurkan dengan penjualan 6.900 eksemplar, menurut angka yang dibagikan oleh MRC Data, singel utama Lalisa tiba di atas peringkat Penjualan Lagu Digital Dunia, dan itu juga muncul di Hot 100. 

Baik Lalisa maupun Money melakukan debut di 10 besar pada daftar Penjualan Lagu Digital semua genre.

Melihat sejarah grafik Penjualan Lagu Digital Rap, hanya satu perempuan solo lainnya dari dunia K-pop yang tampaknya telah mencapai peringkat dalam hal apa pun, dan itu sudah cukup lama sejak itu terjadi. 

CL, yang memulai kariernya sebagai anggota girl grup 2NE1 sebelum keluar dan menempa jalannya sendiri, berdiri bersama Lisa dalam prestasi yang mengesankan ini. 

Lima tahun lalu, single solo CL, Lifted masuk ke daftar dan naik ke posisi 31. Pada saat itu, dia adalah musisi perempuan pertama dari industri K-pop yang masuk chart.

Sementara kesuksesan CL tentu saja merupakan terobosan, itu mungkin tidak terjadi di dunia saat ini. Beberapa tahun yang lalu, Billboard mempersingkat chart Penjualan Lagu Digital Rap menjadi hanya 15 spasi, yang berarti jika single-nya dirilis hari ini dan ditampilkan dengan cara yang sama, kemungkinan besar lagu tersebut tidak akan mencapai daftar. (OL-1)

VIDEO TERKAIT :

BERITA TERKAIT