18 September 2021, 12:15 WIB

WeTV Berhasil Bawa Konten Lokal Indonesia Go International


Mediaindonesia.com | Hiburan

SELAMA ini masyarakat kerap disuguhi berbagai tontotan, entah itu film, serial, ataupun drama yang berasal dari luar negeri. Pernyataannya adalah apakah drama atau film Indonesia diekspor ke negara lain. Apakah karya para sineas Indonesia tidak cukup menarik untuk ditonton?

Berangkat dari situlah WeTV Indonesia siap menjadi platform yang mendorong sineas Indonesia dapat berkiprah di kancah International. Country Head WeTV dan iflix Indonesia Lesley Simpson optimistis WeTV Indonesia adalah platform yang akan terus tumbuh sehingga semakin membuka peluang bagi semua konten Indonesia untuk dinikmati oleh penonton dari negara lain.

Baca juga: Bintang The Morning Show jadi The Riddler di Serial Batman Terbaru

Terbukti, WeTV Original Little Mom yang dirilis pada 10 September lalu berhasil masuk jajaran trending program WeTV di 10 negara berbeda sekaligus. Tak hanya itu, WeTV Original Little Mom juga mendapat nilai 10/10 versi imdb. Lalu, pada platform Youtube, series ini menjadi webseries pertama trending nomor 1 selama lebih dari 48 jam. Sementara di Tiktok mencapai 1,5 miliar views dan juga masuk dalam  jajaran trending topik di Twitter.

“Sejak awal, WeTV serius untuk membawa semua konten lokal Indonesia ke pasar Internasional. Terbukti, dengan populernya WeTV Original Series Little Mom di mancanegara, telah membuktikan komitmen kami untuk menjadi leading platform membawa industri hiburan tanah air ke kancah internasional," ungkap Lesley.

WeTV Original Little Mom berhasil masuk jajaran trending program WeTV di 19 negara berbeda. Series yang dibintangi oleh sederet artis muda Indonesia, seperti Natasha Wilona, Al Ghazali, Teuku Rassya dan Elina Joerg ini bahkan mencapai posisi trending #1 di Indonesia, Singapura, Brunei, Turki, Romania, dan Amerika. Selain itu, WeTV Original Little Mom juga trending di Belanda, Hongkong, dan Malaysia (#2), Inggris, Perancis dan Dubai (#3), Jerman dan Austria (#4), Swiss (#5), Kanada & Polandia (#7) dan Taiwan (#10).

Platform berbasis aplikasi WeTV dan website wetv.vip milik Tencent Holdings Ltd., masuk ke pasar Indonesia sejak akhir 2019. Semula, platform ini membidik segmen penggemar drama Asia yang jumlahnya terus bertambah di kalangan milenial. Di Asia, WeTV telah memiliki lebih dari 900 juta pengguna aktif dan100 juta lebih subscriber yang tersebar di pasar WeTV di Tiongkok.

Sejak 2020, WeTV bekerjasama dengan sejumlah rumah produksi lokal di Indonesia, mulai memproduksi konten lokal. My Lecturer My Husband dan Imperfect adalah dua judul yang mengawali segmen WeTV Original dan mendapat sambutan luar biasa dari penonton di Indonesia dan Malaysia. Saat ini, judul baru WeTV Original Antares yang tayang Jumat 30 Juli  diprediksi juga akan memecahkan rekor penonton. Dari Maret sampai Juli 2021, WeTV Indonesia telah menayangkan sebanyak 7 judul konten lokal yang termasuk ke dalam produksi lokal WeTV. Di tengah pembatasan gerak dan aturan protokol kesehatan yang ketat, WeTV gigih dan produktif, membuktikan betapa seriusnya WeTV di pasar Indonesia.

Dua tahun di Indonesia, WeTV telah menjadi platform video on demand populer di Indonesia. Terbukti menjadi aplikasi populer di kalangan pecinta drama Asia. Hal itu terlihat dari peringkat WeTV di Playstore berada pada #1 Top Free Apps dan #1 Top Grossing OTT Apps. Sementara di App Store, berada pada #1 Top OTT Apps di Desember 2020.

Menurut Lesley, Indonesia akan selalu jadi rumah tempat seluruh keluarganya berada. Kembali ke tanah air, Lesley memimpin pemasaran di FOX Networks Group Indonesia, termasuk 31 saluran TV dengan genre film, olahraga, hiburan, musik, dan berita.

“Waktu itu saya jatuh cinta dengan series Pacarku Alien yang tayang di WeTV. Ini series pertama di WeTV yang saya tonton, dan saya sangat ngefans, bahkan saya mengikuti  acara-acara fans meeting yang digelar di Jakarta. Amazing banget WeTV membawa castnya jauh ke Indonesia. Sudah belasan tahun tidak ada artis Tiongkok yang datang ke Indonesia sebelumnya,” jelas Lesley.  

Kini, berkat kejeliannya melihat konten-konten yang diminati penonton, baik masyarakat Indonesia maupun penonton di Asia, Lesley berhasil membawa judul-judul series Indonesia menjadi series yang juga populer dikalangan penonton negara-negara Asia lainnya.

"WeTV Indonesia akan selalu menyajikan tayangan terbaik, berkualitas dan menghibur. Setiap series WeTV Original yang diproduksi, dipersiapkan dengan matang, mulai dari ide cerita, pemilihan pemeran, original soundtrack, proses shooting hingga jadwal tayang. Dengan kualitas konten seperti itu, WeTV Indonesia akan menjadi etalase bagi sineas dan juga artis dan pemerannya berkesempatan unjuk gigi di dunia internasional," jelas Lesley.  (RO/A-1)

BERITA TERKAIT