15 September 2021, 09:58 WIB

BTS Dapat Paspor Diplomatik untuk Ikut Sidang Majelis Umum PBB


Basuki Eka Purnama | Hiburan

GRUP K-Pop BTS telah mendapatkan paspor diplomati menjelang Sidang majelis Umum PBB saat mereka akan menjalankan peran mereka sebagai utusan khusus Presiden Korea Selatan (Korsel).

BTS meraih sukses global dengan single Dynamite masuk ke tangga lagu Billboard Hot 100 din posisi satu pada tahun lalu yang membuat mereka menjadi musisi Korsel pertama yang memuncaki tangga lagu Amerika Serikat (AS).

Grup beranggotakan tujuh orang itu sukses menghasilkan miliaran dolar ke ekonomi Korsel dan, tahun lalu, label mereka, HYBE, meraih sukses saat melakukan debut di bursa efek Korsel.

Baca juga: Ozuna Mengaku akan Berkolaborasi dengan Blackpink

Kini, Korsel berusaha memanfaatkan soft power yang dibawa BTS dengan Presiden Moon Jae-in menunjuk grup K-Pop itu sebagai utusan khusus untuk generasi masa depan dan budaya.

"Adalah sebuah kehormatan besar menerima gelar itu," ujar pemimpin BTS RM dalam upacara di Gedung Biru, Selasa (14/9), untuk menyerahkan paspor diplomatik kepada para personel BTS.

Moon mengatakan kepada BTS bahwa sejumlah pemimpin negara dunia kerap membuka pembicaraan dengannya dengan membahas soal BTS.

Saat menjalankan tugas sebagai utusan khusus presiden Korsel, BTS akan menikmati sejumlah fasilitas seperti kekebalan diplomatik dan tidak perlu menjalani pemeriksaan di bandara.

Sebagai utusan khusus Presiden Korsel, BTS akan berpidato dalam pertemuan SDG, Senin (20/9) menjelang Sidang Majelis Umum PBB. Video penampilan mereka juga akan diputar di gedung PBB.

Sebelumnya, RM pernha berpidato dalam bahasa Inggris berjudul Speak Yourself di Sidang Majelis Umum PBB 2018. (AFP/OL-1)

BERITA TERKAIT