09 September 2021, 18:23 WIB

Shine of Black, Sinar Cemerlang dari Papua


Humaniora | Hiburan

Lagu Jang Ganggu menjadi perhatian setelah viral di beberapa media sosial. Shine of Black (SOB), pemilik lagu tersebut, mengaku bahkan mereka tidak menyangka jika lagu Jang Ganggu bisa menembus 47 juta views di Youtube.

“Lagu Jang Ganggu dibuat dari curhatan hati dari teman-teman yang sedang merasa pasangannya diganggu oleh orang lain,” jelas manajer SOB Salmon Wospakrik kepada Media Indonesia, kemarin.

Shine of Black (SOB) merupakan grup musik hip-hop yang berasal dari kota Jayapura, Papua. SOB terbentuk sejak 17 Agustus 2016, ketika sebagian personel masih duduk di bangku SMP. Kegemaran atas musik hip hop dan reggae menyatukan mereka untuk sepakat membentuk grup musik.

Baca juga: Rayakan 21 Tahun Kid A dan Amnesiac, Radiohead Rilis Ulang Tiga Album

Anggota Shine of Black, adalah Kosmus Ramandey sebagai leader, Steven Waramori, Introvocal Waramori, Christio Mramra, Arsaly Manegasi, Ronal Lauturboms, Agil Amran, Adrian, Kaleb Noya, Rheza kutanggas, Rian, Andre Rumrampam, Ley Bisai, dan Kevin Chen. Ditambah Salmon Wospakrik sebagai manajer, Joan Awes sebagai bendahara tim, Ani Waramori sebagai penasehat, dan Stev Waramori sebagai produser dan pencipta lagu.

Menurut Salmon Wospakrik, total lagu yang sudah dirilis oleh SOB di Youtube sejak 2016 hingga sekarang mencapai lebih dari 40 lagu. Lagu-lagu karya SOB juga sudah bisa didengar di sejumlah platform musik digital. 

Salmon menuturkan, perkembangan digitalisasi dalam industri memberikan manfaat besar untuk SOB. "Zaman digital ini lebih mempermudah kami untuk menyalurkan bakat," kata dia. Di sisi lain, pandemi covid-19 yang telah berlangsung sejak tahun lalu turut memengaruhi SOB. "Kalau di masa pandemi, kami tidak bisa tampil di panggung," imbuhnya.

Tetap berkarya

Pada Minggu, (5/9) lalu, SOB baru saja merilis lagu baru berjudul Trausah Kancing yang bisa dilihat video musiknya di Youtube. Bulan Juni lalu, SOB mendapatkan Silver Play Button dari Youtube karena mencapai pengikut lebih dari 100 ribu. "Terima kasih buat kalian semua yang selalu mendukung kami di dalam karya dan doa. Tuhan Berkatilah kalian semua," kata SOB dalam unggahan instagramnya. Saat ini, pengikut SOB bahkan telah mencapai 371 pengikut. 

Sementara itu, melalui akun Instagram mereka, SOB mengabarkan bahwa mereka berkesempatan untuk menjadi pengisi acara di Gebyar PON XX Papua 2021 pada 4 September kemarin. Di sana mereka membawakan lagu Jang Ganggu dan Ko Biasa Saja. “Kami sangat senang dan bangga bisa menjadi bagian di pengisi acara Gebyar PON kemarin. Mereka(penonton) pun sangat senang,” tegas dia.

“Semoga kami ke depannya bisa tetap berkarya dan menghibur masyarakat Indonesia melalui karya-karya kami dan menjadi penyanyi legendaris di Indonesia. Juga untuk masyarakat Indonesia, jangan pernah berhenti berkarya dan tetap patuhi protokol kesehatan,” jelas Salmon. (*/H-3)

BERITA TERKAIT