13 August 2021, 06:22 WIB

Setelah Berseteru 12 Tahun, Noel dan Liam Gallager Rujuk Demi Film Dokumenter


Lidya Tannia Bangguna | Hiburan

NOEL dan Liam Gallagher telah terlibat dalam perseteruan yang berkelanjutan sejak Oasis bubar, 12 tahun lalu.

Tapi kakak beradik itu telah mengesampingkan perbedaan mereka saat mereka mengerjakan film dokumenter baru di penampilan ikonik band itu di ajang Knebworth pada 1996.

Berbicara tentang proyek di mana kedua bersaudara itu berperan sebagai produser eksekutif, Noel mengatakan kepada The Sun, “Ada banyak hal yang saya dan Liam tidak akan pernah setujui, dan, dengan Oasis, kami berdua memiliki kesempatan untuk mengatakan tidak pada apa pun, tetapi melakukan ini adalah hal yang mudah.”

Baca juga: Diduga Dipaksa Oplas oleh Manajemen BTS, Lagu Lama Beenzino Kembali Tuai Perhatian

Film Oasis Knebworth 1996 melihat band tersebut naik ke panggung di depan 250.000 penggemar dan kemudian mendiskusikan acara tersebut, memprediksi itu tidak akan pernah terulang.

Noel menceritakan bagaimana 30 kamera menangkap setiap momen pertunjukan tetapi band akhirnya melupakan rekaman itu setelah tur Amerika Serikat (AS) mereka 'meledak' karena baik Liam dan Noel melewatkan pertunjukan dan mereka kemudian langsung merekam album baru.

Dia berkata, “Kami akan membuat filmnya saat itu dan jika Anda ingat skala waktu kami meninggalkan Knebworth, pergi ke Amerika dan tur itu meledak, semuanya menjadi kacau dan ketika kami kembali, hal pertama yang kami lakukan adalah kembali ke studio dan membuat rekaman baru.”

Noel mengatakan film dokumenter tersebut mencerminkan masa sebelum internet ketika orang tidak akan merekam konser di ponsel mereka.

Sejak itu, rocker itu mencoba mengadakan pertunjukan yang lebih kecil tanpa ponsel tetapi berpikir itu tidak mungkin dilakukan di pertunjukan yang lebih besar.

Noel sebelumnya mengatakan bagaimana dia percaya Liam berada di puncaknya dengan band selama pertunjukan Knebworth.

“Saya harus mengatakan, mendengarkan audio tentang itu, kami bersemangat. Liam benar-benar berada di puncaknya dan sejak itu saya menyadari bahwa Oasis berada dalam kondisi terbaiknya saat dia dalam kondisi terbaiknya,” ujarnya.

“Dan ketika dia mulai memburuk, band mulai menurun. Album-albumnya mulai sedikit berkurang tetapi ketika Anda melihat hal ini, Liam benar-benar berada di puncaknya. Sangat menyenangkan melihat kembali dan saya benar-benar bisa melihat apa yang diributkan itu,” tambahnya.

Itu terjadi setelah Noel tampaknya memperkuat pendiriannya untuk kembali ke Oasis.

Rocker itu mengatakan kepada MR PORTER, “Anda tidak akan benar-benar mengerti kecuali Anda benar-benar pernah melakukannya. Setelah Anda berhenti, tidak ada jalan untuk kembali. Tidak ada gunanya kembali. Band itu aneh, Anda mulai sebagai pria muda dan akhirnya menjadi ayah setengah baya dan semua yang terjadi dengan itu.”

Noel memutuskan meninggalkan Oasis setelah Liam mengidap radang tenggorokan menjelang V Festival pada Agustus 2009, dengan band membatalkan pertunjukan.

Noel mengeluarkan pernyataan, menyalahkan saudaranya atas pembatalan itu, tetapi menyebut Liam mabuk sebagai alasannya.

Liam kemudian menggugat Noel, menuntut permintaan maaf atas apa yang dia lakukan. Setelah itu dia keluar dari band, dengan mengatakan, “Saya tidak bisa terus bekerja dengan Liam sehari lebih lama.” (OL-1)

BERITA TERKAIT