03 August 2021, 08:25 WIB

Gara-Gara Komentar Soal AIDS, DaBaby Dicoret dari Lollapalooza


Henry Hokianto | Hiburan

LOLLAPALOOZA, festival musik di Amerika Serikat. Minggu (1/8). mengumumkan telah mencoret DaBaby dari daftar penampil setelah rapper tersebut membuat komentar homofobia dan pernyataan palsu tentang AIDS dalam sebuah pertunjukan, baru-baru ini.

"Lollapalooza didirikan berdasarkan keragaman, inklusivitas, rasa hormat, dan cinta. Dengan pemikiran itu, DaBaby tidak akan lagi tampil di Grant Park," cuit festival yang berbasis di Chicago itu.

Sebagai pengganti DaBaby adalah musisi Young Thug dan G Herbo, menurut Lollapalooza.

Baca juga: Suga BTS Sebut Sikap Label terhadap Artis Bisa Rusak Industri Musik

Rapper dengan nama asli Jonathan Lyndale itu menuai perhatian luas, akhir Juli lalu, ketika ia dituduh menyebarkan informasi yang salah terkait HIV dan AIDS.

"Jika Anda tidak muncul hari ini dengan HIV, AIDS, dan salah satu dari penyakit menular seksual yang akan membuat Anda mati dalam dua, tiga minggu, nyalakan ponsel Anda," serunya kepada para penonton di Miami, menurut video yang dibagikan di media sosial.

Tidak hanya itu, dia juga membuat komentar homofobia dan pernyataan penghinaan kepada perempuan.

Nama-nama besar dalam industri musik, termasuk Elton John, yang mendirikan Elton John AIDS Foundation, serta Madonna, pendukung lama penelitian HIV/AIDS, mengecam pria berusia 29 tahun itu karena menyebarkan informasi yang salah dan berkontribusi pada stigma seputar penyakit.

"Misinformasi HIV dan homofobia tidak memiliki tempat di industri musik. Kita harus menghancurkan stigma seputar HIV dan tidak menyebarkannya," kata yayasan milik John dalam sebuah pernyataan yang dibagikan di Twitter musisi tersebut.

“Sebagai musisi, tugas kita adalah menyatukan orang-orang.”

Bintang pop Dua Lipa, yang pernah berkolaborasi dengan DaBaby dalam lagu Levitating, mengaku terkejut dan ngeri dengan komentar rapper itu.

Sementara bintang televisi Jonathan Van Ness - yang terbuka tentang pengalamannya hidup dengan HIV - memperingatkan bahwa stigma seputar penyakit bisa membunuh.

DaBaby sempat meminta maaf di Instagram tetapi ia tidak dapat terhindar dari kecaman karena kemudian mengatakan dalam pesan video bahwa penggemarnya yang gay tidak mengidap AIDS karena mereka berkelas dan tidak menjijikan atau “rongsokan”.

DaBaby kemudian kembali menyampaikan permintaan maaf melalui Twitter dan mengakui bahwa apa yang dia katakan merupakan hal yang tidak sensitif dan menambahkan bahwa hal itu tidak disengaja. (AFP/OL-1)

BERITA TERKAIT