21 July 2021, 10:10 WIB

Polisi Bakal Panggil Selebgram Herlin Kenza karena Picu Keramaian di Aceh


Yakub Pryatama Wijayaatmaja | Hiburan

POLISI bakal memanggil Selebgram Herlin Kenza yang diduga memicu kerumunan dalam sebuah kegiatan di toko grosir di wilayah Lhokseumawe, Aceh, beberapa waktu silam.

Kabid Humas Polda Aceh Kombes Winardy menyebut pemanggilan tersebut dilakukan lantaran Herlin diduga melanggar aturan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) di tengah pandemi covid-19.

"Videonya sudah viral dan menimbulkan keresahan. Yang bersangkutan juga akan segera diperiksa terkait kerumunan itu," papar Winardy, Rabu (21/7).

Baca juga: Waddingham Mengaku Dilecehkan Saat Syuting Benidorm

Penyidik, lanjut Winady, hingga saat ini, masih melakukan pendalaman terhadap peristiwa kerumunan yang terjadi di toko grosir itu.

Polisi juga telah memanggil pemilik toko grosir, Wulon Kokula, guna menanyakan dan memeriksa terjait penyelenggaraan kegiatan tersebut.

Sebagai inisiasi acara, Wulon terancam dikenakan Pasal 93 Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 6 tahun 2018 Jo pasal 55 KUHP tentang Kekarantinaan Kesehatan.

"Kasus ini dipastikan akan diproses sesuai dengan ketentuan yang berlaku," terang Winardy.

Winardy mencontohkan upaya hukum serupa pernah dilakukan kepada pemilik Cafe Soho, Banda Aceh, beberapa waktu silam. Kasus tersebut terus berjalan dan sudah dilimpahkan ke Kejaksaan tahap I.

Kepolisian juga akan berkoordinasi dengan Satgas Covid-19 setempat untuk menindaklanjuti sanksi yang dapat diberikan terkait kerumunan warga itu.

Sebelumnya, terdapat video viral yang memperlihatkan warga yang menunggu kedatangan selebgram Herlin di depan toko di Pasar Inpres, Lhokseumawe. Kehadiran selebgram itu diiringi teriakan dan antusiasme warga lain, sehingga terjadi kerumunan. (OL-1)

BERITA TERKAIT