20 July 2021, 03:55 WIB

Bintang Pop Tiongkok Kris Wu Bantah Tuduhan Penyerangan Seksual


Mediaindonesia.com | Hiburan

BINTANG pop Tiongkok, Kris Wu, membantah telah memperkosa seorang siswa remaja. Ini seiring sejumlah perusahaan yang mulai memutuskan hubungan dengan bintang tersebut.

Wu menjadi terkenal sebagai anggota boy band Korea Selatan, EXO. Ia pun melakukan banyak pertunjukan akting, model, dan menyanyi yang menguntungkan di Tiongkok sejak meninggalkan grup itu pada 2014.

Du Meizhu, 19, menuduh bintang pop berusia 30 tahun itu memperkosanya saat dia berusia 17 tahun dalam wawancara hari Minggu dengan portal berita China NetEase. Dia juga mengatakan Wu telah tidur dengan setidaknya tujuh gadis lain di bawah usia 18 tahun, merayu mereka dengan alkohol, dan iming-iming janji ketenaran.

"Itu termasuk dua yang masih di bawah umur dan tidak ingin hidup mereka terganggu tetapi ingin melihatnya dihukum," kata Du. Usia legal persetujuan seksual di Tiongkok yakni 14 tahun.

Wu, yang juga memegang kewarganegaraan Kanada dan dibesarkan antara Vancouver dan Guangzhou, membantah tuduhan di media sosial. "Saya hanya bertemu Nona Du sekali di pertemuan teman. Saya tidak memberinya alkohol. Saya tidak pernah memaksa wanita untuk berhubungan seks atau terlibat dalam perkosaan dalam kencan," tulis megabintang yang juga dikenal sebagai Wu Yifan pada Senin (19/7). Ia menambahkan dia tidak tidur dengan gadis di bawah umur.

Studionya mengatakan telah memulai tindakan hukum terhadap penuduh. Du mengatakan bintang K-pop itu telah berusaha untuk membungkamnya dengan 500.000 RMB (US$77.100) dan mengatakan kepada NetEase bahwa dia berencana untuk melanjutkan dengan proses hukum.

"Hidupku benar-benar hancur. Meski hanya pernah tidur dengan Wu, publik sudah lama mengira aku merupakan barang yang rusak," tulisnya di postingan Weibo dengan lebih dari 7,3 juta likes.

Du mengatakan dia menginginkan keadilan bagi para korban lain. Dia memberi Wu ultimatum untuk keluar dari industri hiburan Tiongkok dalam waktu 24 jam dan meminta maaf secara terbuka kepada para korbannya.

Tuduhan itu memicu curahan solidaritas dari wanita Tiongkok dengan tagar girls hel girls yang mendapatkan lebih dari 130 juta tampilan pada Senin. Tagar wawancara Du Meizhu dan Du Meizhu menuntut Wu Yifan mengumumkan dia berhenti dari industri hiburan masing-masing memperoleh 1,8 miliar dan 440 juta tampilan di platform mirip Twitter itu.

Baca juga: Alif Maulana Rilis Single Kedua Couldn’t Care Less
 

Merek perawatan kulit domestik Kans, platform streaming musik Yunting, dan pembuat deterjen rumah tangga Libai mengumumkan bahwa mereka akan memutuskan semua hubungan dengan Wu. Penyanyi ini memegang beberapa kesepakatan iklan yang menguntungkan dengan merek-merek mewah asing termasuk Lancome, Louis Vuitton, L'Oreal, Bulgari, dan Kiehl's. (AFP/OL-14)

BERITA TERKAIT