23 June 2021, 07:28 WIB

Grohl Akui tidak Menyangka Album Nevermind Bisa Meledak


Henry Hokianto | Hiburan

DAVE Grohl menyatakan, pada 1991, Nirvana hanya berharap album Nevermind bisa membuat mereka masing-masing memiliki apartemen pribadi.

Album pertama Grohl bersama Kurt Cobain dan Krist Novoselic itu laku terjual hingga sebanyak 30 juta kopi hingga saat ini. Itu jauh melebihi ekspektasi mereka.

Dalam sebuah sesi wawancara terbaru dengan Uncut, Grohl berkata hal tersebut tidak pernah terlintas di otak mereka ketika mereka tiba di Sound City Studios Los Angeles untuk memulai rekaman.

Baca juga: Aespa Cetak Rekor Lewat Single Ketiga

“Ketika kami berhenti di Sound City, yang walaupun sangat kotor, tetapi itu merupakan studio rekaman paling ‘sah’ yang pernah saya masuki saat itu,” kata Grohl.

“Mengetahui sejarah dari tempat tersebut, kami mengira, ‘Ini merupakan hal yang sebenarnya.’”

“Karena itu, tidak ada yang berpikir bahwa itu yang akan menjadikan kami hingga seperti sekarang. Kami berpikir, ‘Semoga kami bisa mencapai kesuksesan band seperti Sonic Youth dan masing-masing mendapatkan apartemen kami sendiri!’ Itulah ambisi awal kami,” tambahnya.

Vokalis Foo Fighters itu kemudian mengaku, hingga saat ini, ia masih belum mengetahui apa yang menyebabkan Nevermind bisa menjadi sebesar itu.

“Apa yang saya ketahui adalah begitu kami menandatangani kontrak dengan perusahaan David Geffen dan membuat video, itu mulai terasa sedikit profesional. Sekarang kami melakukan penandatanganan poster kami. Kami memiliki video rock yang ada di MTV. Itu sudah terasa nyata, tetapi tidak sampai tur dimulai, saya baru menyadari ‘Oh, ada sesuatu yang terjadi.’”

Saat ditanya mengenai rencana terkait ulang tahun album tersebut yang ke-30, Grohl berkata, hingga saat ini, belum ada rencana apa pun.

Tapi dia yakin bahwa “sesuatu akan muncul”. Dia juga menambahkan, “Secara pribadi, saya tidak membangun panggung untuk Nevermind! Jika saya sedang berada di tengah lalu lintas di LA mendengarkan radio, kemungkinan besar salah satu lagu itu akan diputar dan saya tidak mematikannya. Dulu, tapi sekarang tidak lagi,” pungkas Grohl. (AFP/OL-1)

BERITA TERKAIT