11 May 2021, 19:45 WIB

Ini Sikap Gus Dur yang Bikin Tengku Zulkarnain Menangis


Insi Nantika Jelita | Hiburan

SIKAP sederhana mantan Presiden Abdurrahman Wahid atau biasa dipanggil Gus Dur membuat seorang mantan Wakil Sekretaris Jenderal Dewan Pimpinan Majelis Ulama Indonesia (MUI) Ustaz Tengku Zulkarnain mengaku menitikkan air mata. Tengku Zul, sapaan akrabnya, diketahui baru saja menghembuskan nafasnya pada Senin (10/5), setelah berjuang melawan covid-19 di RS Tabrani, Pekanbaru, Riau.

Dalam video yang diunggah di akun Youtube tengkuzulkarnain_Official dengan judul Fitnah Gus Dur oleh Tengku Zulkarnain, beliau becerita soal kelebihan Gus Dur. Salah satu yang dianggap jarang dimiliki orang banyak, yakni tidak pernah komplain atau menggurutu soal makanan yang disajikan oleh istri.

"Ada sikap Gus Dur yang membuat saya menangis. Saya cerita ini bukan saya menjilat Gus Dur, beliau sudah wafat, saya enggak minta jabatan," ucap Ustaz Teungku Zul.

Kala itu dia bercerita pernah berada di ruang VIP Bandara Sultan Syarif Kasim II International Airport di Pekanbaru. Kebetulan dia menonton televisi saat acara wawancara dengan istri Gus Dur, Sinta Nuriyah, mengungkapkan kelebihan Gus Dur.

 

Shinta mengatakan, lanjut Tengku Zul, bahwa kelebihan Gus Dur yang selalu dikenang ialah tidak pernah komplain atau mencemooh makanan saat disajikan. Hal itu dinilai istimewa baginya karena dianggap tidak banyak orang mencontohkan sikap presiden keempat Indonesia itu, termasuk dirinya.

"Saya langsung menangis keluar mendengar hal itu. Saya pernah komplain bahkan bilang makanan yang disajikan istri saya, karena dia orang Banten, lalapan dan rebus terus, seperti makanan kambing," lirihnya.

Ustaz Tengku Zul pun merasa bersalah karena pernah mencela makanan yang disajikan istrinya. Dia mengatakan yang dilakukan Gus Dur seperti tindakan Nabi Muhammad SAW, yang disebut tidak pernah mencela makanan.

 

Video yang menceritakan kenangan Ustaz Tengku Zul tersebut diketahui telah diunggah pada 6 Mei 2020 dengan 157 ribu kali views dan sebanyak 5,2 ribu orang yang menyukai video tersebut dan 1.000 orang memberikan komentar. (OL-14)

BERITA TERKAIT